Mohon tunggu...
Diana Arin Wahyuningsih
Diana Arin Wahyuningsih Mohon Tunggu... Universitas PGRI Semarang

Diana Arin

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UPGRIS Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan yang Ditetapkan WHO

3 Maret 2021   22:41 Diperbarui: 3 Maret 2021   23:15 31 0 0 Mohon Tunggu...

Pada tahun 2021, Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata di daerah masing-masing. KKN yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Semarang yang bekerja sama dengan BKKBN Jawa Tengah dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Duta Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Masa Adaptasi Baru". 

Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Duta Perubahan Perilaku Pencegegahan Covid-19 Pada Masa Adaptasi Baru dari kelompok 57 melakukan Perizinan kepada Ketua RT 09 Puspowarno, dan membuat tutorial pembuatan handsanitizer menggunakan bahan yang ditetapkan oleh WHO. Proses pembuatan di video dan edit di bagikan melalui media sosial agar masyarakat tau dan dapat mempraktikkannya di rumah masing- masing.

Kegiatan KKN tahun ini dilakukan lebih banyak secara individu dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Alasan lain mengapa kegiatan KKN ini lebih banyak dilakukan secara individu agar memberi contoh yang baik kepada masyarakat tempat para peserta KKN kunjungi. 

Semakin meningkatnya angka penyebaran penderita covid-19 membuat masyarakat menjadi semakin khawatir. Terlebih di Puspowarno khususnya Rt 9 terdapat beberapa warga yang sudah terpapar covid-19. Hal itu mendorong warga lebih memperhatikan lagi upaya hal kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah covid-19.

Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat sebagai bentuk peduli sosial dan dukungan kepada pemerintah untuk menekan penyebaran virus covid-19 dengan memakai masker dan sering mencuci tangan sebagai bentuk meminimalisir penularan virus covid-19.

Adapun pembagian Masker Handsanitizer sebagai upaya pencegahan, dan juga merupakan salah satu program kerja KKN di Puspowarno Rt 9 Kelurahan Salaman Mloyo Semarang Barat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Dokpri
Dokpri

VIDEO PILIHAN