Mohon tunggu...
Diana Lieur
Diana Lieur Mohon Tunggu... Administrasi - Cuma orang biasa

No matter what we breed; "We still are made of greed"

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jangan Sampai Terjebak Memaknai Sebuah Lagu

5 Januari 2018   13:44 Diperbarui: 5 Januari 2018   13:48 4790
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: www.ruwhim.com

Lagu mampu menyapaikan bagaimana perasaan yang sedang kita rasakan. Senang, lelah, sedih, kesal, penuh semangat dan haru dapat digambarkan dalam sebuah lagu. 

Nyanyi lagu sedih dikit dibilang galau, nyanyi lagu yang romantis dikit dibilang lagi jatuh cinta, dan parahnya lagi kalau nyanyi lagu rohani malah dibilang tobat.

Dalam keseharian saya selalu ditemani oleh lagu, baik itu sekedar mendengarkannya saja atau menyanyikannya, jadi maklum kalau instastory saya isinya karaokean terus, hehee. 

Ruangan yang mendukung, keadaan yang lelah dicampur perasaan kesal, kecewa, marah dengan orang sekitar atau hasil yang dicapai, kemudianditambah lagu yang maknanya sangat menggambarkan suasana hati sudah pasti akan memberikan sensasi yang luar biasa.

Yupsss, itu lah salah satu pentingnya memaknai sebuah lagu. Mampu mengungkapkan perasaan yang dirasa dalam setiap liriknya. Namun jauh dari itu, ternyata ada yang lebih penting dari sekedar menggambarkan sebuah perasaan lho. Karena tak semua lagu dapat dengan mudah ditebak maknanya dari lirik - lirik yang diungkapkan saja. 

Jujur saya pun masih sering buka internet jika kesulitan mengetahui makna sebuah lagu hanya dari mendengarkan liriknya saja, apalagi lagu bahasa inggris. Jadi lagu yang dipikir adalah menggambarkan kekesalan pada seseorang padahal maknanya tidak lah begitu.

Saya ambil contoh ketika di salah satu acara resepsi pernikahan keluarga saya. Saat itu ada salah satu tamu undangan (pria) yang turut menyumbangkan suara emasnya.

Wah, tak tanggung-tanggung lagu yang dinyanyikan adalah lagu milik group band Kerispatih yang berjudul "Aku harus jujur" kaget lah saya saat si mas ini menyanyikan lagu tersebut (saat itu saya sudah tahu makna lagunya). Karena (entah kapan) saya pernah kebingungan mencari makna dari lirik lagu tersebut, hingga pada akhirnya saya cari tahu di internet. 

Dan jreeeeng, lagu yang dikira adalah sekedar ungkapan seorang pria yang meminta putus pada pasangannya, ternyata tidak lah sekedar seperti itu. Dalam lirik lagunya ada kalimat seperti ini,

Terpikir dalam benakku
Tentang cinta terlarang
Selama ini ku pendam

Saya sempat mengira kisah cinta si pria dan wanita itu dilarang oleh beberapa pihak, keluarga misalnya. Namun di lirik selanjutnya saya kebingungan dengan lirik yang kiranya tidak nyambung sama sekali dengan persepsi saya. yaitu,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun