Mohon tunggu...
Dian Islamiati
Dian Islamiati Mohon Tunggu... S1 PWK Universitas Jember

Aku Dian Islamiati NIM : 191910501018 S1 PWK Universitas jember Anak Gresik yang masih berproses menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Nantikan progresnya berupa karya-karya yang luar biasa. aamiin:) Salam Plano

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Potret Kemiskinan di Bumi Kaya Raya

22 Oktober 2019   16:09 Diperbarui: 22 Oktober 2019   17:51 147 9 14 Mohon Tunggu...

Kemiskinan adalah kondisi kehidupan yang serba kekurangan yang dialami seorang atau rumah tangga sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan minimal atau yang layak bagi kehidupannya. Kebutuhan minimal atau kebutuhan dasar yang dimaksud adalah kebutuhan akan makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan dan kesehatan. 

Banyak alasan yang menjadi faktor penyebab dari masalah kemiskinan. Antara lain kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Kemiskinan merupakan isu sentral bagi setiap negara di dunia, khususnya bagi negara berkembang seperti negara Indonesia ini. Suatu negara tentulah menginginkan untuk mengentaskan masalah kemiskinan di negaranya dan menciptakan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya. 

Sudah terdapat berbagai hasil pemikiran maupun konsep-konsep tentang kemiskinan yang sudah dikaji di berbagai negara berkembang, tetapi kemiskinan tetap menjadi masalah besar yang harus segera dituntaskan.

Sebagai sebuah negara berkembang, dan negara yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah dan kekayaan dari alam sejak zaman dahulu kala, sehingga indonesia pun pernah dijajah oleh bangsa lain karena menginginkan sebuah keuntungan besar dari penjualan hasil rempah-rempah alam negara indonesia.  

Potensi yang dimiliki oleh negara Indonesia ini sangat lah besar, dan kekayaan alamnya tersebar di daerah-daerah , sehingga tiap daerah memiliki kekayaan khas daerahnya sendiri. 

Untuk itu, dengan kekayaan yang sudah melimpah dan tersebar merata di setiap daerah, tentunya memiliki sebuah potensi yang harus digali oleh Sumber Daya Manusianya demi keuntungan yang akan mereka peroleh sendiri.

Akan tetapi, kekayaan alam yang melimpah tidaklah menjadi jaminan suatu negara terlepas dari yang namanya masalah kemiskinan. Kekayaan alam yang terbentang di setiap daerah di indonesia, di wilayah pedesaan pada khususnya bukanlah sebuah jawaban untuk dapat meningkatkan penghasilan warga tersebut dan penghasilan dari suatu negara itu pula. 

Lalu Mengapa, Justru di Wilayah Pedesaan masih terdapat masayarakat yang berada dalam garis kemiskinan?

Sektor pertanian berperan penting terhadap upaya pengurangan kemiskinan di wilayah pedesaan dibandingkan di wilayah perkotaan. Sedangkan di wilayah perkotaan, industri pengolahan berperan penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Sektor pertanian menjadi kunci dan dapat sebagai leading sector dalam mengurangi kemiskinan secara agregat, mengingat kemiskinan terbesar terdapat di wlayah pedesaan.

Kebijakan pemerintah diharapkan mampu langsung menuju pada pusat dimana kemiskinan tersebut berada. Wilayah pedesaan yang sarat akan kegiatan usaha tani sebaiknya menjadi titik awal yang penting untuk melindungi dan memberdayakan petani, khususnya petani kecil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN