Mohon tunggu...
Dian Nuraini
Dian Nuraini Mohon Tunggu... Editor - Skincare kecantikan

Skincare

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Memahami Sunscreen dan SPF Cahaya UVA UVB Milleur Beauty

25 Oktober 2021   15:37 Diperbarui: 25 Oktober 2021   15:43 258 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Memahami Lebih Jauh SPF dalam Tabir Surya dan Manfaatnya

Tabir surya ataupun sunscreen umumnya mencantumkan angka SPF pada label kemasannya. Tetapi, sebagian orang bisa jadi masih belum menguasai makna angka tersebut. Apa yang diartikan dengan SPF? Apa saja khasiatnya untuk kesehatan kulit? Ayo ketahui jawabannya dalam postingan berikut ini.

Cahaya matahari berfungsi berarti  memicu pembuatan vit D natural dalam badan. Tetapi, paparan cahaya ultraviolet( UVA serta UVB) yang disebabkan dari cahaya matahari pun tidak baik untuk kesehatan kulit.

Cahaya UVA bisa menimbulkan kulit keriput serta penuaan dini, sebaliknya UVB bisa menimbulkan kulit terbakar. Paparan cahaya UV yang melintas dalam jangka panjang dapat  menyebabkan resiko kanker kulit.

Oleh sebab itu, kulit Kamu memerlukan proteksi dikala beraktifitas di dasar cahaya matahari. Salah satu metode untuk melindungi kulit dari bahaya cahaya UV berlebih. Dapat menggunakan sunscreen yang mempunyai SPF di siang hari.

Apa Pengertian dari  SPF?

SPF ataupun sun protection factor dapat dikenal dengan angka yang mengacu pada tingkat proteksi terhadap cahaya matahari. Angka SPF merujuk pada seberapa lama kulit Kamu dapat bertahan di dasar cahaya matahari tanpa hadapi sunburn( kulit dibakar) dikala memakai sunscreen ataupun tabir surya.

Contohnya, bila umumnya kulit Kamu hendak mejadi kemerahan sehabis 15 menit karena terpapar cahaya matahari langsung, diperlukan waktu 20 kali lebih lama untuk kulit mu terbakar apabila Kamu mengenakan tabir surya dengan SPF 20. Ini maksudnya kulit Kamu baru hendak nampak kemerahan sehabis 5 jam terpapar cahaya matahari.

Tetapi, walaupun sudah memakai tabir surya dengan SPF 20, bukan berarti saat sebelum 5 jam kulit Kamu nyaman seluruhnya serta tidak dibakar cahaya matahari. Terdapat banyak aspek yang dapat mempengaruhi keseriusan paparan cahaya UV.

Seorang yang mempunyai kulit putih hendak lebih kilat hadapi sunburn daripada orang yang berkulit hitam. Tidak hanya itu, aspek geografis, semacam terletak di dataran besar, bertempat tinggal di wilayah dekat garis khatulistiwa, ataupun lagi terletak di tepi laut,  bisa membuat kulit lebih cepat dibakar cahaya matahari.

Angka SPF serta Khasiatnya dalam Melindungi Kulit dari Cahaya UV

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan