Mohon tunggu...
Dian Wahyu Nugraheni
Dian Wahyu Nugraheni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Yogyakarta, Indonesia

Mahasiswa S1 Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Euforia Hari Pertama Lebaran di Kota Magelang, Jawa Tengah

11 Mei 2022   19:07 Diperbarui: 11 Mei 2022   19:12 206 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dokpri: Suasana Makan Bersama Setelah Sholat Idul Fitri

Perayaan lebaran 1 Syawal 1443 H yang jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 menjadi puncak perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tahun 2022 ini para umat muslim dapat kembali merasakan kehangatan silaturahmi bersama keluarga tercinta setelah dua tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2020 dan 2021 perayaan lebaran dibatasi oleh adanya pandemi Covid-19 dan PPKM.

Kurang lengkap rasanya bila perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak dirayakan secara bersama-sama. Suasana hangat menyelimuti rumah para warga di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Senin (2/5/2022) pagi. Perayaan diawali dengan Sholat Idul Fitri yang dilanjutkan dengan menyantap makanan bersama-sama di masjid dan di halaman sekitar masjid. Kemudian warga pulang ke rumah masing-masing dan bermaaf-maafan dengan anggota keluarga besar.  

Setelah bermaaf - maafan dengan keluarga besar warga berziarah ke makam untuk melakukan doa bersama, dan dilanjutkan dengan halal bihalal warga satu kampung yang dilaksanakan di halaman rumah warga yang dekat dengan makam.  Tidak lupa juga para muda mudi melakukan silahturahmi ke rumah lansia yang berhalangan hadir untuk mengikuti perayaan Idul Fitri bersama. Kegiatan halal bihalal selesai waktu zuhur dan para warga melanjutkan untuk bersilaturahmi ke sanak saudara mereka.

dokpri: Suasana Silaturahmi Keluarga
dokpri: Suasana Silaturahmi Keluarga
."Alhamdulillah saya sangat bersyukur, setelah dua tahun pandemi, tahun ini masyarakat bisa merayakan hari raya secara normal kembali" ujar Bu Suminah, salah satu warga Kelurahan Sidomulyo. Menurutnya lebaran tahun ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu dan menggebirakan dimana ia bisa berkumpul bersama dengan sanak keluarga besarnya dengan kondisi sehat walafiat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan