Mohon tunggu...
Yoiso dan Yoisi
Yoiso dan Yoisi Mohon Tunggu... Web Konsultan, Desain Grafis, e-commerce

www.yoisoweb.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

4 Tips Memfoto Produk Jualan Sendiri di Rumah

17 Juni 2019   10:14 Diperbarui: 17 Juni 2019   10:28 0 1 1 Mohon Tunggu...
4 Tips Memfoto Produk Jualan Sendiri di Rumah
sumber foto: amazon.in 

Foto adalah elemen yang dapat menunjang desain agar lebih menarik. Foto atau gambar lebih disukai daripada deretan kalimat. Sebab satu foto dapat menghasilkan berbagai makna. Makna yang dihasilkan tergantung dengan persepsi masing-masing orang yang melihatkan. Karena hal itulah, banyak yang lebih menyukai gambar daripada kata-kata yang panjang.

Jasa foto produk memang mudah sekali ditemukan. Namun terkadang harga yang ditawarkan oleh jasa foto produk relatif mahal untuk setiap foto. Bisa dibayangkan kalau foto yang diperlukan banyak, bisa-bisa biaya foto produk memakan banyak anggaran. Oleh karena itu, beberapa orang enggan untuk memakai jasa foto produk fotografer profesional.

Sebenarnya untuk mengasilkan foto yang bagus tak harus menyewa fotografer handal. Anda sendiri bisa melakukannya meskipun bukan seoang profesional atau seniman. 

Kamera yang dipakai juga tak harus DSLR atau kamera layaknya seorang fotografer. Kamera ponsel pada jaman sekarang juga tak kalah dengan DSLR. 

Memotret produk sendiri, bukan berarti tidak melakukan persiapan sama kali. Agar foto produk yang dihasilkan bisa maksimal. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memotret produk sendiri tanpa bantuan fotografer profesional.

1.Buat Studio Sendiri
Studio yang dibuat tak harus besar dan memakan tempat lebih baik perhatikan produk yang akan difoto. Jika produk yang difoto tak besar, cukup buat studio mini. 

Peralatan untuk membuat studio mini di rumah cukup sederhana. Pilih warna polos sebagai background, lebih baik lagi jika warna netral. Kebanyakan orang menggunakan warna putih untuk studio mini mereka. Sebab warna putih bisa memberikan kesan cerah dan menonjolkan detail dari produk. Anda bisa menggunakan kertas karton, selotip, meja hingga dinding sebagai studio mini.

2. Lighting
Cahaya sangat menentukan hasil dari foto produk anda. Pasang lampu pada sisi studio mini agar hasil lebih maksimal. Atau cara lebih mudahnya, pilih lokasi yang terkena cahaya. Bisa juga manfaatkan cahaya matahari agar hasilnya sesuai keinginan. Tapi jangan lupa perhatikan lokasi matahari agar cahaya yang dihasilkan tak terlalu tajam. Sebaiknya lakukan pemotretan pada pagi atau sore hari agar mendapatkan cahaya matahari yang lembut.

3. Angle
Sudut pengambilan gambar juga mempengaruhi hasil potretan anda. Untuk produk fashion lebih baik mengambil foto produk dari berbagai sisi. Jangan lupa sertakan foto detail dari produk anda. Sedangkan produk makanan lebih menarik jika difoto dari atas. Coba eksplorasi setiap sudut pengambilan gambar.

4. Properti
Agar hasil foto lebih menarik orang yang melihatnya, sertakan beberapa properti dalam foto. Properti yang dipakai tak harus mahal dan membeli baru. Pakai saja beberapa properti yang ada di rumah. Misalnya boneka, tempat pensil, teko hingga bunga atau aksesoris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2