Mohon tunggu...
Yoiso dan Yoisi
Yoiso dan Yoisi Mohon Tunggu... Konsultan - Web Konsultan, Desain Grafis, e-commerce

www.yoisoweb.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengenal Profesi dan Tugas Digital Marketing

10 Mei 2019   10:57 Diperbarui: 10 Mei 2019   11:41 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto: therootastes.com

Digital marketing adalah profesi yang sangat booming pada akhir 2017 hingga sekarang. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan tenaga atau orang yang mengerti tentang pemasaran digital. 

Profesi ini pun sempat membuat orang-orang penasaran dan ingin mencobanya. Tapi ternyata tugas seorang digital marketing tak segampang yang dibayangkan. Akhirnya banyak yang menyerah untuk belajar dan mendalami profesi pemasaran digital.

Memang jika dirasakan tugas seorang digital marketing cenderung susah susah gampang. Dikatakan susah karena harus senantiasa meng-update berbagai informasi yang terjadi. 

Digital marketer sebutan untuk orang yang bekerja di bidang digital marketing juga harus mengerti trend yang diminati dan berkembang di masyarakat saat itu. 

Belum lagi, saat tak ada orang membaca atau memberi respon usaha yang dilakukan. Tugas seorang digital marketer terlihat gampang karena hanya bekerja menggunakan smartphone dan komputer saja. Orang awam akan merasa pekerjaan seorang digital marketer hanya bermain-main dengan handphone saja.

Profesi digital marketing mengharuskan pemasaran dilakukan di saluran digital, seperti website, media sosial email, aplikasi mobile dan mesin pencarian atau search engine layaknya Google. Dari sekian banyak saluran digital, website bisa dikatakan menjadi senjata paling utama dalam dunia digital marketing. 

Sebab website adalah komponen yang berhubungan langsung dengan mesin pencarian. Secara garis besar, digital marketing harus memastikan jika website muncul di halaman pertama saat ada orang yang mengetik di kolom mesin pencarian atau search engine. Untuk mencapai hal tersebut, seorang digital marketer harus melakukan berbagai langkah seperti berikut

1. Merencanakan Promosi

Membuat perencanaan promosi menjadi hal pertama yang harus dilakukan seorang digital marketer. Promosi tersebut bertujuan untuk kepentingan perusahaan. 

Dengan perencanaan yang matang, seorang digital marketer tak akan menemui jalan buntu. Perencanaan ini meliputi langkah yang harus diambil saat sebuah trik tak berjalan dengan lancar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun