Mohon tunggu...
Diah Woro Susanti
Diah Woro Susanti Mohon Tunggu... blogger

Blogger, Writer, Crafter FB : Diah Woro Susanti Twitter/Ig : @mba_diahworo Email : Diahworosusanti@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Komposisi Kabinet Ideal Jokowi-Ma'ruf Amin Periode 2019-2024

19 Oktober 2019   06:45 Diperbarui: 19 Oktober 2019   06:56 6974 6 3 Mohon Tunggu...

Ada yang ingat sudah berapa kali susunan kabinet pemerintahan Indonesia mengalami pergantian? Jika direntang dari masa proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945 lalu, secara keseluruhan terhitung ada puluhan kali negara kita berganti susunan kabinet. 

Jujur saya tidak ingat persis namun kalau nama-nama menteri ORDE BARU saya masih ingat. Bagaimana tidak ingat, dalam kurikulum pelajaran sekolah saya sering menemukan soal siapa nama menteri ekonomi, siapa nama menteri luar negeri, siapa nama menteri sosial, dan lain sebagainya. Hafal luar kepala. 

Di jaman ORDE BARU susunan kabinet pemerintahan dinamakan Kabinet Pembangunan I, Kabinet Pembangunan II dan seterusnya. Di era REFORMASI lain lagi. Susunan kabinet pemerintahan berganti nama jadi Kabinet Reformasi Pembangunan, Kabinet Persatuan Nasional, Kabinet Gotong Royong, Kabinet Indonesia Bersatu, Kabinet Indonesia Bersatu II, dan Kabinet Kerja yang berakhir pada Oktober 2019 ini. 

Nama-nama menterinya pun jelas ada beberapa yang lengket di kepala karena sosoknya yang kerap menjadi pembicaraan warganet. Sebut saja Menteri Kelautan ibu Susi Pudjiastuti yang suka nembakin kapal asing, Menteri PUPR yang kocak pak Basuki Hadimuljono, dan Menteri Keuangan yang dikenal bicaranya lugas ibu Sri Mulyono. 

Tidak terasa Kabinet Kerja II akan berakhir. 

Besok tanggal 20 Oktober 2019 setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi Amin periode 2019 - 2024 pelantikan Kabinet baru juga akan diumumkan. Belum jelas apakah sejumlah nama-nama Menteri di Kabinet Kerja I akan tersingkir dari Kabinet Kerja II atau tidak. 

Namun di berbagai media sudah marak bocoran calon Menteri Jokowi di kabinet Kerja II. Presiden Jokowi sempat menyatakan kalau kabinetnya mendatang akan diisi menteri berlatar belakang profesional dan partai politik. Dirinya juga mengatakan, kalau menteri dari kalangan millenial juga akan membantunya dalam masa pemerintahannya bersama Ma'ruf Amin. 

Baiklah mari kita prediksi susunan Kabinet Kerja II yang saya susun dari berbagai sumber : 

Presiden RI : Ir. H. Joko Widodo

Wakil Presiden RI : Prof. Dr (HC) KH. Ma'ruf Amin

MENTERI KOORDINATOR

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN