Mohon tunggu...
Diah Puji
Diah Puji Mohon Tunggu... Mahasiswa - tugas jurnalistik

berawal dari tugas semoga menjadi penulis yang handal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Online Ilmu Komunikasi

29 Juni 2021   23:21 Diperbarui: 30 Juni 2021   00:02 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Online Ilmu Komunikasi
dokumen pribadi

Jakarta, Dunia Pendidikan di masa pandemic saat ini sedang di buat dilema di karenakan banyak beberapa orang tua sampai mahasiswa yang merasa bahwa sekolah maupun kuliah dengan sistem daring ( online ) di rasa kurang efektif karena membuat anak -- anak semakin tidak ada yang belajar namun yang ada jam bermain bertambah.

Khususnya bagi mahasiswa ilmu komunikasi yang memang tidak bisa kuliah hanya mendapatkan materi saja namun juga perlu yang Namanya praktek.

"Sebenernya kuliah online itu sangat menghemat uang transportasi tidak perlu kekampus. Untuk kekurangannya materi yang disampaikan oleh dosen kadang kurang dimengerti, juga tugas yang di kasih tengat waktu deadlinenya pendek kadang numpuk antar matkul lainnya. Sinyal juga menjadi kekurangan dalamm kuliah online karena bisa meghambat saat penjelasan materinya.

namun untuk mahasiswa ikom, bagi jurusan jurnalistik khususnya harus ada pembelajaran praktik seperti cara mengambil video atau pun gambar dengan baik dan benar, dikarenakan untuk mempelajari hal tersebut jika tidak dipraktik kan untuk mahasiswa yang kurang faham akan fungsi pada sebuah kamera apa saja sangatlah sulit. dan bagi mahasiswa humas diharus kan pembelajaran bagaimana cara persentasi yang baik dan benar di depan publik.

Namun Dari kuliah online dan kuliah tatap muka masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan sesuai dengan mahasiswa menanggapinya bagaimana. Karena pendapat atau pandangan setiap mahasiswa juga berbeda-beda ujar mala mahasiswa ilmu komunikasi (27/6/2021).

Lanjut mala Yang harus diperbaiki kesiapan dosen sebagai tenaga pengajar untuk menyampaikan materi yang komunikatif kepada mahasiswanya. Sehingga mudah dipahami.

Kuliah jurusan jurnalistik memang seharusnya bukan hanya mendapatkan materi saja namun juga harus di sertai dengan adanya praktek baik, karena jurnalistik berhubungan dengan tayangan yang akan di persentasikan baik dalam bentuk berita , gambar , ataupun video dan masih banyak lagi. Dalam pengambilan gambar dan video pun di butuhkan pembelajaran agar setiap mahasiswa memahami bagaimana video dan gambar yang baik agar dapat di terima oleh khalayak banyak .

Namun sayangnya dengan adanya pandemic ini membuat setiap sekolah maupun universitas harus tutup dan membuat kami para mahasiswa merasa bahwa kuliah secara daring ini tidak membuahkan hasil yang memuaskan

" Kuliah online memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk mengatur kecepatan belajar mereka sendiri, dan ada fleksibilitas tambahan dalam mengatur jadwal yang sesuai dengan agenda semua orang. Akibatnya, menggunakan platform kuliah online memungkinkan keseimbangan kerja dan studi yang lebih baik, jadi tidak perlu menyerah apa pun. Belajar online mengajarkan kita menjadi keterampilan manajemen waktu yang penting, yang membuat kita lebih mudah menemukan keseimbangan kerja-belajar yang baik. Memiliki agenda bersama antara mahasiswa dan dosen juga dapat mendorong kedua belah pihak untuk menerima tanggung jawab baru dan memiliki lebih banyak otonomi. untuk mahasiswa yang kuliah sambil bekerja sangatlah efektif jika harus memilih kuliah online " ujar mala.

Semoga jika memang harus dengan sistem daring ada perubahan kedepannya dari pihak kampus agar kuliah bisa lebih efektif lagi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN