Mohon tunggu...
Diah Octivita Dwi Purwanti
Diah Octivita Dwi Purwanti Mohon Tunggu... Penulis - Writer; Business Coach; Digital Marketing Specialist; Social Media Specialist; Community Leader.

Diah Octivita Dwi Purwanti, S.Kom., Ibu Rumah Tangga 3 Anak, Affiliate Marketer, Pebisnis Kecantikan dan Kesehatan, Penulis 100++ Buku Antologi, dan Owner dari OCTIVITA CONSULTING AND COACHING(OCC) yang juga memasarkan aneka produk, selain menerima konsultasi, jasa penulisan copywriting/artikel, serta pembuatan konten. Beliau senang menerima konsultasi seputar bisnis, menulis, kecantikan, kesehatan, dan pengembangan diri. Kontak beliau di WA 0858-1059-7796 (sekaligus no. Telegram) atau WA 0813-1862-7106. Bisa juga terhubung dengan beliau di FB Diah Octivita Dwi P atau IG @diahoctivita .

Selanjutnya

Tutup

Hobby

7 Langkah Membangun Jasa Kepenulisan dan Menjualnya

25 November 2024   14:47 Diperbarui: 25 November 2024   15:46 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Jasa kepenulisan semakin diminati di era digital. Banyak individu dan bisnis membutuhkan bantuan untuk menghasilkan konten berkualitas yang mendukung branding mereka. Jika Anda memiliki bakat menulis, membangun jasa kepenulisan bisa menjadi peluang usaha menjanjikan. Namun, memulai dan memasarkan layanan ini membutuhkan strategi yang jelas. Ada 7 langkah yang bisa Anda coba untuk membangun jasa kepenulisan dan menjualnya ke pasar Anda.


1. Tentukan Niche atau Spesialisasi Anda

Langkah pertama adalah menentukan spesialisasi jasa kepenulisan yang akan Anda tawarkan. Apakah Anda ingin fokus pada penulisan artikel, copywriting, ghostwriting, atau konten kreatif lainnya? Menentukan niche akan membantu Anda menarik target pasar yang tepat.

Misalnya, jika Anda ahli dalam menulis konten SEO, tonjolkan kemampuan ini untuk menarik klien yang membutuhkan optimasi mesin pencari. Spesialisasi Anda juga memperkuat branding layanan Anda sebagai penyedia jasa yang profesional.

2. Bangun Portofolio yang Meyakinkan

Portofolio adalah salah satu elemen terpenting dalam memasarkan jasa kepenulisan. Jika Anda baru memulai, buat beberapa contoh tulisan berkualitas tinggi yang relevan dengan niche Anda. Publikasikan karya tersebut di blog pribadi, platform media sosial, atau situs-situs seperti Medium atau LinkedIn.

Portofolio yang baik memberikan gambaran tentang gaya penulisan dan kemampuan Anda. Ini juga meningkatkan kepercayaan calon klien untuk menggunakan jasa Anda.

3. Buat Brand yang Kuat

Dalam bisnis jasa kepenulisan, branding adalah segalanya. Pilih nama usaha yang unik dan mudah diingat, lalu buat logo dan tagline yang mencerminkan nilai-nilai Anda. Selanjutnya, pastikan identitas visual Anda konsisten di semua platform, termasuk situs web, media sosial, dan kartu nama.

Jangan lupa untuk menunjukkan kepribadian Anda dalam komunikasi dengan calon klien. Klien tidak hanya membeli layanan Anda, tetapi juga pengalaman bekerja dengan Anda.

4. Gunakan Platform Digital untuk Promosi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun