Mohon tunggu...
Diah Nur Robbaniah
Diah Nur Robbaniah Mohon Tunggu... Guru - menanam.makna

Seorang ibu, guru, pencinta flora, dan hobi fotografi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ayo Belajar Bisindo!

3 Desember 2021   18:15 Diperbarui: 4 Desember 2021   15:23 93 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Komunika: Kominfo) dokpri

Hari  Disabilitas Internasional (HDI) digaungkan pemerintah dan elemen masyarakat, tepatnya setiap tanggal 3 Desember. Peringatan HDI ini bertujuan untuk memberikan dukungan, perhatian, perlindungan, serta pemenuhan hak-hak saudara penyandang disabilitas di seluruh dunia.

United Nasional  (suara.com) menyebutkan bahwa dari total 7 miliar jumlah penduduk dunia, 15% adalah penyandang disabilitas dan 80% saudara kita penyandang disabilitas tinggal di negara berkembang. Itulah, data dan fakta yang berbicara.

Indonesia, sebagai bagian dari negara yang masih berkembang, tentunya memiliki PR yang besar atas hak-hak penghidupan yang layak bagi penyandang disabilitas. Walau sudah mulai ada pemenuhan hak-hak untuk penyandang disabilitas, tetapi masih jauh mencukupi. Seperti, pemenuhan hak untuk transportasi umum, tempat umum, event olahraga, dan tentunya dalam dunia pendidikan.

Pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas memang menjadi tanggung jawab negara, tetapi sebagai warga negara yang baik, sepatutnya, secara individu kita harus mulai bisa bersanding dengan saudara penyandang disabilitas. Memandang saudara kita yang istimewa tersebut menjadi bagian dari warga negara Indonesia yang memiliki hak yang sama.

Nah, dalam dunia pendidikan, saat ini sedang hangat dibicarakan tentang literasi dan numerasi.  Belajar literasi berarti belajar memahami teks dan konteks kebahasaan dan numerasi berarti  belajar menggunakan cara berpikir kritis tentang numerik. Tetapi, sepertinya, ada yang terlupa. Kita lupa pentingnya belajar literasi tentang bahasa isyarat atau disingkat BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia). 

Bahasa isyarat sangat penting, sama pentingnya dengan penguasaan  bahasa Indonesia, bahasa asing,  dan bahasa daerah. Bayangkan, jika warga negara Indonesia ini memiliki basic bahasa isyarat untuk pemenuhan hak-hak berkomunikasi dengan saudara penyandang disabilitas. Mungkin, perasaan berbeda, perasaan dihargai, dan tidak dikucilkan akan tumbuh menjadi energi positif bagi saudara kita. 

Untuk itu, pada momen yang tepat, Hari Disabilitas, ayo kita bersama-sama belajar dan mempelajari bahasa isyarat sebagai langkah awal kita untuk berlaku adil terhadap sesama. Untuk saudara kita yang tercipta istimewa.

 Semoga Allah senantiasa merahmati  semua niat baik kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan