Mohon tunggu...
Diah Noval Lestari
Diah Noval Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro

Seorang mahasiswa yang memiliki minat dalam analisis kebijakan publik, pengembangan sumber daya manusia, dan pemberdayaan perempuan. Suka belajar dan berpartisipasi dalam banyak hal yang berhubungan dengan itu seperti beberapa organisasi, pelatihan, magang, dll.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bank Sampah: Penguatan Lingkungan dan Perekonomian dengan Pemberdayaan Perempuan

7 Agustus 2022   19:27 Diperbarui: 7 Agustus 2022   22:15 152 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

whatsapp-image-2022-08-07-at-19-30-13-62efd6d9a51c6f2d553306f3.jpeg
whatsapp-image-2022-08-07-at-19-30-13-62efd6d9a51c6f2d553306f3.jpeg
Semarang - Bank Sampah menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.13 Tahun 2012 merupakan tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang dan/atau diguna ulang yang memiliki nilai ekonomi. Dengan itu, bank sampah dapat dikatakan sebagai kegiatan yang memiliki manfaat dalam berbagai macam aspek, mulai dari lingkungan hingga perekonomian.Salah satu golongan masyarakat yang dapat menjadi penggerak dalam keberjalanan Bank Sampah adalah Ibu Rumah Tangga, hal ini disebabkan Ibu Rumah Tangga yang banyak memiliki waktu luang serta memiliki kemampuan untuk memilah sampah rumah tangga dengan baik. Ibu Rumah Tangga sering disepelakan sebagai golongan masyarakat yang kurang produktif, sehingga pengelolaan bank sampah adalah sebuah pemberdayaan pada Ibu Rumah Tangga.

Mengetahui hal itu, Kelompok 55 TIM II KKN Undip 2021/2022 menjalankan sebuah kegiatan yang berfokus pada Lingkungan, Perekonomian, dan Pemberdayaan Perempuan teraebut. Minggu, 17 Juli 2022 dilakukan sebuah kegiatan Studi Banding antara Ibu-Ibu perwakilan setiap RW Kelurahan Jabungan dengan Tim Bank Sampah Payung Lestari Kelurahan Pudakpayung.

Tujuan dari kegiatan itu adalah agar Ibu-Ibu perwakilan dari Kelurahan Jabungan mendapatkan berbagai informasi menarik mengenai Bank Sampah dari Tim Bank Sampah Payung Lestari Kelurahan Pudakpayung. Informasi tersebut seperti kelembagaan tim bank sampah, sistem pengumpulan, penimbangan, penabungan, hingga pengangkutan oleh pengepul. Output dari kegiatan ini adalah adanya pengetahuan baru, poster bank sampah, dan pembentukan tim bank sampah Kelurahan Jabungan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan