Mohon tunggu...
Ayu Diahastuti
Ayu Diahastuti Mohon Tunggu... an ordinary people

ordinary people

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kisah UTBK di Masa Pandemi Covid-19

6 Juni 2020   11:27 Diperbarui: 6 Juni 2020   11:22 110 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah UTBK di Masa Pandemi Covid-19
sumber: kompas.com

Beberapa waktu belakangan ini saya disibukkan dengan aktifitas anak sulung saya yang berjibaku dengan gawainya. Maklumlah, portal pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer telah dibuka mulai tanggal 2 Juni yang lalu.

Jagat maya pun ramai digerayangi oleh calon mahasiswa. Bagi kalian yang mencoba oportuniti di jalur SBMPTN di tengah himpitan pandemi, mari berjuang, let's go..

Berbagai macam tahap harus dilewati oleh para pendaftar, mulai dari verval identitas diri maupun pembuatan akun bagi mereka yang belum mempunyai akun aktif di laman   https://portal.ltmpt.ac.id.

Namun seperti biasa, setiap tahun pasti ada aturan main yang berbeda. Maka jangan bosan-bosan untuk terus menerawangi informasi ter-up date agar tak salah melangkah. 

Kay, memasuki portal LTMPT bukanlah hal yang sulit. Dalam 5-10 menit kami, saya dan ananda, telah menyelesaikan pengisian verval biodata siswa, dan mendapat nomor kode pembayaran. Untuk keterangan cara pembayaran sila baca Kompas.com (04/06/2020).

Memang pada awalnya terkesan agak janggal bilamana siswa harus memilih prodi di awal pendaftaran. Mengingat UTBK belum dilakasanakan.

Namun bila dicermati, UTBK tahun ini agak sedikit unik. Tentu saja ujian dan segala ketentuannya disesuaikan dengan masa pandemi yang masih berlangsung. Tetapi apa saja yang menarik dari UTBK tahun ini?  Let's check this out:

1. UTBK hanya dilaksanakan dalam satu gelombang.

Berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun 2019 kemarin UTBK dilaksanakan sebanyak 2 gelombang, yang artinya, setiap calon mahasiswa berhak mengikuti 2 kali tes, yang nantinya dari dua nilai yang didapat dipilih satu nilai yang tertinggi sebagai bahan rujukan untuk memilih progdi yang diminati pada saat SBMPTN berlangsung.

Untuk tahun ini, Kemendikbud hanya memberikan kesempatan 1 kali tes UTBK. Ini merupakan terobosan baru yang harus mendapat apresiasi. Mengapa? Karena hanya dalam satu kali ujian, setiap siswa mendapat satu kesempatan yang sama untuk mengetahui sampai di mana tingkat pemahamannya pada materi yang diujikan. Maka dari itulah, persiapan materi dan mental sangatlah dibutuhkan.

2. UTBK hanya ada satu jenis tes saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN