Mohon tunggu...
Ayu Diahastuti
Ayu Diahastuti Mohon Tunggu... an ordinary people

ordinary people

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Bersama Pandemi, Ajari Anak Sikapi Hal yang Tak Pasti

8 April 2020   14:29 Diperbarui: 9 April 2020   13:07 155 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersama Pandemi, Ajari Anak Sikapi Hal yang Tak Pasti
ilustrasi : parenting (sumber : pixabay.com/ambermb)


Dearest readers,

Selamat bertemu kembali dengan saya yang lagi gemar nukil, usil, dan saat physical distancing tambah satu hobi lagi, gemar ngemil, hehehe...

Pakabar, sahabatku? Semua baik bukan? Kuharap kalian dalam kondisi sehat selalu, meski ruang gerak kita sangat terbatas. Kali ini sapaan saya nyenggol dikit soal parenting yha? Karena ternyata waktu luang kita jadi lebih banyak bersama anak-anak selama pandemi ini. Manfaatin yuks...

Sempat saya berpikir, membatin yang dalam, sampai pada kenyataan bahwa sesungguhnya dalam hidup ini dipenuhi dengan ketidakpastian. Jadi inget lagunya Bang Ari Lasso, Misteri Ilahi. 

Tapi sebenarnya yang misteri itu indah lho, teman. Bayangkan andai saja bulan November tahun lalu kita semua tahu bangsa yang kita diami ini akan menderita sakit flu kerna Corona. Bahkan terdampak pandemi corona.

Pasti kita akan panik, chaos ada di mana-mana, yang laris mungkin tukang bangunan yang sibuk bikin bunker, dan semua karyawan pabrik masker dan APD sibuk menaikkan kapasitas produksi mereka hingga dua tiga kali lipat, hhhh....

Atau, bayangkan saja jika setiap kejadian yang akan kita alami telah kita ketahui sebelumnya. Ya, besok bisa dipastikan saya akan begini, atau minum dan makan dengan siapa, besok pasti saya akan pergi ke sana lalu ke situ....  Apa yang terjadi? Semua akan terasa membosankan, menjemukan. Semua serba flat, datar-datar aja.

Ada beberapa hal yang menurut anggapan kita masing-masing kita definisikan sebagai hal yang tak pasti. Tidak pastinya situasi politik, tidak pastinya iklim dan cuaca, tidak pastinya kematian, hingga tidak pastinya relasi kita dengan orang yang kita sayangi.

Jika yang tidak pasti itu selalu bersifat pasti, apa yang bisa kita lakukan dalam menjalani hidup yang tak pasti? Terlebih lagi, bagaimana kita belajar dari situasi yang tak pasti ini?

Teman-teman saya sering membincangkan tentang hal ini. Critical capability atau bahasa kerennya kemampuan berpikir kritis. 

Sadarkah kita jika sedari kecil sebagian dari kita dihadapkan pada hal-hal yang sama dengan mereka yang tinggal di sekitar kita. Sama pola pikir dan cara pandang kita pada sebuah permasalahan. Bila memang begitu, maka kemampuan untuk berpikir secara kritis supaya kita mampu berkreasi secara kreatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN