Mohon tunggu...
Diah Febri Astuti
Diah Febri Astuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jalani kehidupan dengan benar.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Bersama Cintai Lingkungan dengan Tidak Membuang Sampah Sembarangan

3 Desember 2021   21:05 Diperbarui: 3 Desember 2021   21:08 48 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan buruk dalam membuang sampah. Masyarakat Indonesia selalu membuang sampah sembarangan. Kebanyakan masyarakat Indonesia membuang sampah sembarang tanpa memikirkan dampak yang terjadi dari hal tersebut. Dampak yang disebabkan dari membuang sampah sembarangan bermacam-macam, mulai dari dampak yang yang ringan hingga yang besar.

Dampak yang ringan yaitu lingkungan menjadi bau dan kotor. Membuang sampah sembarangan seperti di jalanan, sungai, dan tempat-tempat lain dapat menimbulkan bau-bau yang menyengat. Apalagi teruntuk sampah-sampah organic. Sampah organic jika dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan bau-bau busuk. Untuk itu buanglah sampah organic di tempat yang sudah disedakan.

Dampak besar yang sering kali dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah banjir. Sering kali orang-orang menyalahkan lingkungan penyebab terjadinya banjir. Seharusnya orang-orang intropeksi diri sendiri, sudahkah mereka menjaga lingkungan itu sendiri. Memang banjir terjadi karena hujan terus menerus dan air akan meluap, tetapi juga ada peran serta masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan menyebabkan sampah-sampah tersebut menumpuk dan akhirnya tergenang bersamaan dengan banjir.

Untuk itu sebagai masyarakat yang hidup berdampingan lingkungan. Kita sebagai masyarakat yang baik haruslah menjaga lingkungan dengan sebaik mungkin. Jangan melakukan hal semena-mena terhadap lingkungan agar linkungan tidak membalas perbuatan kita.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Dengan cara membuang sampah pada tempatnya sudah termasuk menjaga lingkungan. Membuang sampah pada tempatnya akan memberikan dampak besar bagi lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar akan lebi asri dan tidak akan tercium bau-bau busuk.

Hal lain yang dapat dilakukan selain membuang sampah pada tempatnya adalah menanam pohon-pohon dan tumbuhan di sekitar rumah. Menanam tumbuhan di sekitar rumah selain dapat melestarikan lingkungan juga dapat menambah kesan asri di lingkungan sekitar rumah tersebut.

Selain itu, masyarakat juga dapat melaksanakan kerja bakti secara rutin untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggak. Membersihkan sampah yang ada di jalan dan selokan merupakan Langkah awal untuk melestarikan lingkungan.

Kita sebagai sebagai manusia pastilah memerlukan lingkungan untuk keberlangsungan kehidupan. Untuk itu kita perlu melestarikan, jaga dan cintai lingkungan sekitar.

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan