Mohon tunggu...
diah estika
diah estika Mohon Tunggu... A Freelance Blogger

Apoteker-Marketing-Blogger Merangkai kata setiap hari

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Keistimewaan Ramadan yang Selalu Dirindukan

16 April 2021   15:19 Diperbarui: 16 April 2021   15:30 279 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keistimewaan Ramadan yang Selalu Dirindukan
Keistimewaan Ramadan yang Selalu Dirindukan (@diahestika)

Bulan yang dinanti oleh umat muslim telah tiba, bulan dimana kita berlomba-lomba dalam mencari pahala dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Banyak hal istimewa yang hanya ada di bulan ramadan, sehingga tidak heran jika bulan ini adalah bulan yang dirindukan kedatangannya. 

Bahkan untuk kedatangannya pun disambut oleh lagu-lagu religi yang menambah suasana ramadan semakin terasa. Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan suci yang selalu dirindukan. 

Bulan dimana pahala dilipatgandakan, dosa diampuni, diturunkannya kitab suci umat Islam, dan adanya malam Lailatul Qadar. Bulan ramadan dengan segala keistimewaannya yang khas dan selalu dinanti, seperti:

Keistimewaan Ramadan yang Selalu Dirindukan (dokpri)
Keistimewaan Ramadan yang Selalu Dirindukan (dokpri)
  • Buka dan sahur bersama

Kebiasaan selama puasa yang tidak bisa dijalani tahun lalu adalah buka puasa bersama di masjid. Sebagai gantinya tahun ini pun masjid kami menerapkan tajil jemput bola yang dilakukan oleh para remaja masjid. 

Sebelum pandemi, puasa selalu disibukkan dengan jadwal ngabuburit bersama teman-teman ataupun keluarga. Suasana ngabuburit bersama mereka ini adalah yang yang dirindukan, meskipun menu yang disantap sederhana. Yang tidak kalah spesial lagi adalah momen sahur bersama keluarga, dimana seluruh anggota keluarga berkumpul untuk menyiapkan menu sahur dan menyantap makanan yang tersedia.

  • Berburu takjil

Tentunya yang tidak bisa dilewatkan saat ramadan adalah berburu takjil menuju berbuka puasa. Dimana tahun lalu mungkin penyedia takjil agak terbatas, tapi tahun ini sepertinya sudah berangsur seperti sebelumnya, meski belum normal seutuhnya. 

Takjil yang pastinya menjadi primadona di setiap tahun adalah kolak pisang. Bahkan belum menyantapnya pun aromanya saja sudah menggoda. Tidak heran jika banyak penjual takjil yang menawarkan kolak pisang sebagai menu wajib yang selalu ada di tiap tahunnya.

  • Tarawih

Berlomba-lomba dalam mencari pahala, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas ibadah. Shalat tarawih yang dilaksanakan setelah berbuka puasa adalah salah satu yang istimewa selama bulan puasa. Meski pandemi ini membatasi banyak hal, tetapi Alhamdulillah tahun ini kita sudah bisa shalat tarawih di masjid berjamaah kembali dengan protokol kesehatan yang ketat. Meskipun harus menerapkan social distancing dengan jamaah lainnya dan kultum yang dialihkan secara online, semoga tidak mengubah makna kita dalam beribadah.

  • Belanja untuk lebaran

Momen lebaran adalah momen dimana pusat perbelanjaan berlomba-lomba memberikan diskon memanjakan para pengunjungnya. Saat-saat seperti ini nampaknya tidak bisa dilewatkan oleh banyak orang. Dimana di kala hari lebaran kita akan berpenampilan spesial untuk silaturahmi bersama kerabat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x