Mohon tunggu...
Diah Asih Sukesi
Diah Asih Sukesi Mohon Tunggu... Lainnya - Hobby Menulis, Travelling, Masak jika mau

Pegawai Menikah dan memiliki 3 orang anak

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Museum Terlantar dan Tak Dikenal

13 Oktober 2021   20:38 Diperbarui: 13 Oktober 2021   21:31 22 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

MUSEUM TERLANTAR DAN TAK DIKENAL

Museum adalah tempat bersejarah yang menceritakan kisah beberapa orang terkenal dan disitu ditempatkan beberapa peninggalan koleksi pemiliknya serta menceritakan tentang sejarah kenapa sang tokoh diabadikan lengkap dengan seluruh benda2 yang menjadi peninggalannya.

Museum juga menceritakan tentang suatu bangunan atau koleksi benda2 serta menggambarkan suatu perjuangan atau kisah2 bersejarah lainnya hingga koleksi pemilik akan sebuah benda contoh museum wayang atau museum layang-layang.

Museum kayu yang ada di Kalimantan Timur memggambarkan jenis2 kayu yang ada di wilayah tersebut sayangnya kita tidak diajarkan bagaimana melakukan konservasinya jadi hanya melihat potongan serta koleksi flora yang ada disana.

Sebenarnya tiket menuju museum tidak terlalu mahal tetapi banyak orang yang tidak mau berkunjung ke museum dengan berbagai alasan, dari desainnya yang kurang menarik hingga tempat yang penuh dikotori debu dan terkesan angker, karena tempat tersebut kurang perawatan dan terlihat kumuh.

Ada beberapa museum yang memang sudah diserahkan ahli warisnya ke pemda atau kementerian terkait contohnya Museum Basuki Abdullah karena pada saat kunjungan ada renovasi di beberapa tempat tetapi strategi yang dilakukan oleh pengelola adalah dengan menyatukan acara seminar antar kampus dan ini menarik jumlah pengunjung yang datang.

Dahulu museum menjadi tempat kunjungan wajib para peserta didik tetapi kini ke museum bukan kewajiban tetapi sesuai tema yang digadang bahkan saat ini kunjungan ke museum bisa dilakukan secara virtual.

Tata kelola museum perlu dilakukan inovasi salah satunya adalah :

  1. Museum perlu disandingkan dengan sarana jualan produk daerah setempat atau bekerjasama dengan UKM sehingga ketika berkunjung ke museum selain mendapatkan ilmu juga ada wisata kuliner maupun wisata kekhasan produk setempat.

  2. Museum perlu melibatkan berbagai pihak agar menjadi tempat yang diminati dan bisa mengedukasi para pengunjungnya.

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan