Mohon tunggu...
Diah Sukmarani
Diah Sukmarani Mohon Tunggu... Penulis

Forever a learner

Selanjutnya

Tutup

Musik

Musikal Hamilton Akan ke Australia

8 Juni 2019   14:27 Diperbarui: 8 Juni 2019   14:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Musikal Hamilton Akan ke Australia
Sumber: https://www.theguardian.com 

Ketenaran salah satu musikal Broadway Hamilton sudah terdengar gaungnya sampai ke australia. Seperti yang telah di umumkan Lin-Manuel Miranda pada 21 Mei lalu musikal Hamilton akan di gelar di Sidney, Australia pada Maret 2021. Rencana ini tentu di sambut baik oleh para warga australia yang penasaran dengan salah musikal yang terlaris ini. 

Anda pernah dengar cerita tentang musikal Hamilton ini? atau tahukah anda siapa hamilton? 

Alexander hamilton adalah salah satu tokoh pendiri Amerika Serikat. Menjabat sebagai sekretaris pembendaharaan pertama Amerika dibawah presiden George Washington. Musikal Hamilton yang di tulis oleh Lin-Manuel Miranda ini  bercerita tentang kebangitan hidup Alexander hamilton, seorang ' yatim piatu dan anak pelacur' kemudian menjadi salah satu tokoh pendiri Amerika.

Anda pasti bertanya, Bagaimana cerita revolusi Amerika dari sudut pandang seorang Alexander Hamilton bisa begitu laris?. Selain kisah hidup Alexander Hamilton yang menarik,  kemasan yang digunakan Lin- Manuel Miranda dalam menceritakan kembali kisah ini membuat musikal ini berbeda. Kisah hidup hamilton diceritakan dengan nada musik hip hop dan Rap. Plot cerita dan pemilihan pemain yang tak jauh dari kata jenius juga salah satu kenapa semua orang harus datang dan menonton. 

2021 menjadi tahun dimana pementasan musikal ini akan di gelar juga di australia, setelah keliling Amerika, Inggris bahkan hingga Puerto Rico, dalam 2 ahun depan musikal ini akan diproduksi di Australia. 

Pementasan musikal ini akan di produksi oleh jeffrey Sellers, bersama dengan produser lokal Michael Cassel,yang merupakan produser Australia yang memproduksi pementasan Harry Potter and the cursed child.

Konsepnya juga tidak akan jauh berbeda dengan pementasan pementasan di negara lain. Jeffrey seller mengatakan komitmen pertunjukan ini untuk tetap memilih pemain dari ras yang beragam akan terus berlanjut di Australia. Ini juga menjelaskan bahwa pemeran didalam pementasan hamilton ini tidak menyamai kondisi fisik tokoh yang di mainkan. George Washington seorang kaucasia, kulit putih diperankan oleh Christopher Jackson yang merupakan penyanyi hip hop kulit hitam . Tapi warna warni pemain ini juga salah satu poin penting dari musikal Hamilton.

 Dikutip dari the sidney morning herald seller menjelaskan

 Hip-hop adalah pengalaman murni komunitas Afrika-Amerika, sangat masuk akal untuk menjadikan orang ras kulit hitam  memainkan peran ini, menyanyikan R&B, menyanyikan hip-hop,yang berasal dari komunitas tersebut.

di pertunjukan mana lagi anda akan melihat versi kulit hitam Thomas jefferson yang bisa rap? Jadi, kita sama sama setuju begitu banyak alasan kenapa anda harus melihat pertunjukan ini, atau setidaknya mendengar lagunya yang tersedia gratis di internet. Atau sebatas tahu dari artikel ini bahwa ada cerita seorang tokoh pendiri Amerika yang begitu terkenal lewat pertunjukan musikal. 

Akan kah Indonesia memiliki pahlawan, mutiara tersimpan yang tidak seterkenal Sukarno untuk dijadikan cerita musikal? Saya akan sangat menantikan hal tersebut. Karna terkadang lewat tangan tangan media seperti ini yang membuat beberapa orang yang tidak mau tahu sejarah akan dengan senang hati menggali kembali sejarah sejarah yang terlupakan.