Mohon tunggu...
Diah Ayu Pertiwi
Diah Ayu Pertiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tertarik dengan Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Merdeka! Indonesia Pulih lebih Cepat dari Pandemi COVID-19

17 Agustus 2022   15:30 Diperbarui: 26 Agustus 2022   14:40 85 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto : Dokumentasi  tanggal 17 Agustus 2022

Pelaksanaan vaksinasi  dosis ke-4 kepada Tenaga Kesehatan melengkapi perjalanan panjang Indonesia untuk terbebas dari Pandemi COVID-19. Pandemi ini seakan menjadi pelengkap bagi tren deglobalisasi sejak beberapa tahun terakhir. Hingga hari ini, seluruh dunia termasuk Indonesia masih mengalami krisis akibat pandemi COVID-19 yang berdampak pada banyak sektor. 

Pada Momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun, Indonesia memilih tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ yang memiliki makna bagaimana dalam kondisi krisis seperti ini masyarakat Indonesia bisa bersatu dan bekerja sama dalam aksi gotong royong untuk mempercepat pemulihan kondisi semua sektor agar bisa bersiap-siap menghadapi tantangan global.

Program vaksinasi dianggap sebagai kunci dalam mengakhiri pandemi karena dapat digunakan dalam rangka mengurangi angka morbiditas dan mortalitas serta membentuk kekebalan kelompok terhadap virus COVID-19. Diketahui, vaksinasi merupakan pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan (Permenkes Nomor 84 Tahun 2020).

Berdasarkan data Vaksinasi COVID-19 Nasional per tanggal 16 Agustus 2022, 86 dari 100 penduduk sasaran telah mendapatkan vaksinasi. Hal ini menunjukkan semakin dekatnya Indonesia menuju kekebalan kelompok (Herd Immunity). Semakin lengkap dosis vaksin yang diterima maka semakin tinggi kadar antibodi atau kekebalan yang dimiliki seseorang terhadap COVID-19. Meskipun penduduk sudah memiliki antibodi tinggi bukan berarti tidak bisa terinfeksi. Mereka tetap bisa terinfeksi akan tetapi dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan yang berat atau risiko kematian.

Di samping vaksin COVID-19, Kementerian Kesehatan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selain itu, masyarakat juga perlu menerapkan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk menjaga kekebalan tubuh agar Indonesia bisa segera pulih dari pandemi COVID-19.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan