Mohon tunggu...
Dhodik Prasetyo
Dhodik Prasetyo Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa semester 3 Sastra Inggris Universitas Airlangga

Menulislah dengan Jiwa. Negeri ini butuh perubahan dari pemuda yang rajin menulis.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Mengenal Filsuf Robert C Stalnaker dan Pemikirannya.

10 Desember 2020   07:02 Diperbarui: 10 Desember 2020   07:07 139 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Filsuf Robert C Stalnaker dan Pemikirannya.
Robert C. Stalnaker/news.mit.edu

Siapakah Robert C. Stalnaker?

Robert C. Stalnaker adalah seorang filsuf Amerika yang lahir pada 22 Januari 1940 di Princeton, New Jersey, Amerika. Stalnaker merupakan seorang Profesor Filsafat Laurence S. Rockefeller di Institut Teknologi Massachusetts. Dia adalah anggota Akademi Seni dan Sains Amerika dan Anggota sejalan dari Akademi Inggris.

Stalnaker  memberikan kontribusi yang signifikan dalam landasan filosofis semantik, pragmatik, logika filosofis, teori keputusan, teori permainan, teori kondisional, epistemologi, dan filsafat pikiran Di sebagian besar bidang ini, dia dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam beberapa dekade terakhir.

Bersama Saul Kripke, David Lewis, dan Alvin Plantinga, Stalnaker telah menjadi salah satu ahli teori paling berpengaruh yang mengeksplorasi aspek filosofis dari kemungkinan semantik dunia. Menurut pandangannya tentang kemungkinan dunia, mereka adalah cara dunia ini bisa terjadi, yang pada gilirannya merupakan properti maksimal yang bisa dimiliki dunia ini.

Karya Robert C. Stalnaker          

Selain kontribusinya pada metafisika kemungkinan dunia, dia telah menggunakan peralatan semantik dunia yang mungkin untuk mengeksplorasi banyak masalah dalam semantik bahasa alami, termasuk kondisi kontrafaktual dan indikatif, dan praanggapan. Pandangannya tentang penegasan sebagai mempersempit landasan bersama percakapan untuk mengecualikan situasi di mana konten yang ditegaskan salah adalah pendorong utama dalam perkembangan terbaru dalam semantik dan pragmatik, khususnya, yang disebut "pergantian dinamis."

Stalnaker mendapatkan gelar B.A. dari Universitas Wesleyan, dan gelar Ph.D. dari Universitas Princeton pada tahun 1965. Pembimbing tesisnya adalah Stuart Hampshire, meskipun dia sangat dipengaruhi oleh anggota fakultas lainnya, Carl Hempel. Stalnaker mengajar sebentar di Universitas Yale dan Universitas Illinois, dan kemudian selama bertahun-tahun di Sekolah Filsafat Sage di Universitas Cornell sebelum bergabung dengan fakultas MIT pada tahun 1988. Dia pensiun dari MIT pada 2016. Banyak muridnya termasuk Jason Stanley, Zoltán Gendler Szábo dan Delia Graff Fara.

Pada tahun 2007, Stalnaker menyampaikan Kuliah John Locke di Universitas Oxford dengan topik "Pengetahuan Kita tentang Dunia Internal". Pada tahun 2017, ia menyampaikan Kuliah Casalegno di Universitas Milan tentang "KontraFaktual dan Alasan Praktis."

Buku Our Knowledge In The Internal World (2008)

Buku ini membahas tentang konsepsi realisme dalam konteks eksternal dan internal yang dimana kemungkinan dunia, termasuk dunia kita, adalah hal - hal nyata yang nyata yang terisolasi satu sama lain. Analisis umum tentang kebutuhan sebagai kebenaran di semua dunia yang mungkin menjadi "hanya permulaan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN