Mohon tunggu...
DHEA MELIANI
DHEA MELIANI Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Salam Sehat Berkarkter, Berkreativitas Tanpa Batas.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penguatan dan Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi (SDN Genteng 01)

27 Juli 2021   18:55 Diperbarui: 27 Juli 2021   19:57 118 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penguatan dan Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi (SDN Genteng 01)
sosialisasi-pendidikan-karakter-61000218152510232e088762.jpg

Halo sahabat berkarakter, Perkenalkan nama saya Dhea Meliani, dari Universitas Pendidikan Indonesia, fakultas UPI Kampus di Serang, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Ini bagian dari cerita KKN saya dimasa Pandemi, sekedar berbagi cerita sederhana yang saya lalui selama KKN di Desa sendiri. 

Kuliah Kerja Nyata Tematik tahun 2021 saya mendapatkan banyak sekali momen, pengamalan dan kisah yang seru. Dengan bertemakan KKN Tematik MDBPE-MBKM/ Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi- Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Di tahun 2021 digelombang pertama, saya berkesempatan untuk mengikuti KKN. KKN yang saya fokuskan yaitu " KKN Membangun Desa Melalui Pendidikan". 

Suatu kebanggaan bagi saya bisa berkontribusi untuk Pendidikan terutama di Sekolah Dasar Negeri Genteng 01. Suatu kewajiban bagi seorang calon pendidik untuk bisa bertanggung jawab membawakan perubahan, memberikan merdeka belajar dan membantu masyarakat agar sejahtera. SDN Genteng 01 merupakan sekolah yang mempunyai visi " Cerdas, Berprestasi, dan Beriman" membawa saya pada ketertarikan untuk ikut berkontribusi mendampingi, membantu, serta mendidik para siswa disana.

Dimasa Pandemi Covid-19, Pendidikan membutuhkan perhatian bukan hanya dari pemerintahan saja, melainkan dari kita sebagai (mahasiswa) untuk saling menyukseskan pendidikan menjadi lebih baik. Pandemi Covid-19 telah menjadikan Pendidikan menjadi terbatas seperti aktivitas pembelajaran, dan lain-lain. Namun walaupun dimasa Pandemi ini, pendidikan tetaplah yang utama. Pembelajaran masih harus tetap berjalan walaupun ada sedikit perubahan.

Saya melakukan KKN di SDN Genteng 01, tepatnya di Kampung Hegarsari, Desa Genteng, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sebelum melaksanakan program KKN-nya, saya meminta izin dan konfirmasi dahulu ke kepala mitra, yaitu Kepala Sekolah SDN Genteng 01 Ibu Hj. Dadah Nurlendah, SP.d, SD. Alhamdulillah dalam proses perizinan sangat dipermudah dan Ibu Kepala Sekolah sangat baik sekali. Juga tak lupa kepada guru-guru , staf, operator dan lain-lain, saya ucapkan banyak terimakasih. 

Program KKN Tematik yang saya pilih yaitu pendampingan pembelajaran daring pada siswa kelas 5. Pelaksanaan program tersebut tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya peran dari guru-guru dan orang tua siswa. Program KKN tematik saya lebih memfokuskan kepada hal pendampingan pembelajaran, membuat media pembelajaran, dan penguatan pembelajaran dimasyarakat. Tujuannya membantu dan menguatkan proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru disekolah, dimasa pandemi, serta mendampingi orang tua dan siswa didalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Pandemi Covid-19 yang dipandang berefek negatif ternyata disisi lain masih menyimpan dampak positif bagi dunia Pendidikan. Melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan membawa nuansa baru dengan menghadirkan bermacam metode belajar secara online. 

Proses belajar mengajar yang efektif dan efisien melalui berbagai macam paltform pembelajaran online bisa diakses dengan mudah. Selain itu, hubungan emosional antara orang tua dan anak lebih terbangun dengan belajar yang intens dilakukan dirumah.

Dalam pembelajaran daring dimasa pandemi, ada beberapa gaya mutakhir yang muncul seperti;

  • Fleksibilitas ruang dan waktu belajar. Implikasinya siswa akan memiliki kesempatan untuk belajar pada ruang dan waktu yang berbeda, pembelajaran dapat dilakukan dengan jarak jauh.
  • Pembelajaran mandiri. Siswa akan berusaha mengikuti pembelajaran secara mandiri dengan menggunakan fasilitas pembelajaran yang adaftif sesuai dengan kemmapuan yang dimilikinya. Serta berusaha untuk memahami materi yang diberikan oleh pendidik.
  • Fleksibilitas metode pembelajaran. Artinya siswa memiliki kebebasan dalam menentukan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya.

Diera pembelajaran jauh, para siswa mendapatkan pembelajaran lebih banyak dirumah dengan pendampingan orang tua. Nah, supaya pembelajaran efektif dan belajar tetap nyaman, maka saya berinisiatif untuk membuat suatu media pembelajaran sederhana . adapun media pembelajaran saya gunakan, dan bisa menjadi suatu rekomendasi diera pembelajaran jarak jauh. Diantaranya:

  • Cerita bergambar elektronik (literacycloud.org)
  • Cerita anak yang dibuat sendiri (HVS yang ditulis kemudian dikasih warna-warni agar menarik)
  • Poster
  • Video edukasi (youtube)
  • Power point sesuai dengan buku tematik kelas 5

Jadi para siswa jangan hanya diberikan tugas yang begitu banyak, melainkan perlu asupan pemahaman mengenai materi belajar nya yaitu melalui adanya media pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN