Mohon tunggu...
Dhira Auria Dwi Riyani
Dhira Auria Dwi Riyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

jadilah diri sendiri, cintai dan hargai diri sendiri sebelum kamu mencintai dan menghargai oranglain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Antara Kebutuhan dan Keinginan PKM di SMK Letris Indonesia 2

7 April 2022   13:46 Diperbarui: 7 April 2022   13:52 303 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PKM atau pengabdian kepada masyarakat merupakan program untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam memberikan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat. Memahami Antara Kebutuhan dan Keinginan, sebagian besar masyarakat (terutama anak anak sekolah menengah) belum bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. 

Sebagian masyarakat masih membelanjakan uang mereka dengan suka hati tanpa berpikir "apa saya benar benar butuh barang ini? Apa jika barang ini tidak saya beli, kehidupan saya akan terganggu?", sebagian dari mereka langsung saja membeli barang yang mereka suka dan mereka pikir menarik. 

Tapi, sebagian yang lainnya memikirkan apakah mereka benar benar membutuhkan barang tersebut atau tidak, dan sebagainya. Permasalahan ini sering terjadi di kalangan anak anak sekolah, terutama siswa menengah, dan di kesempatan kali ini PKM ini diadakan di SMK Letris Indonesia 2 yang terletak di Jl. Siliwangi pamulang Tangerang Selatan.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu, untuk memberikan edukasi kepada siswa/i tentang memahami kebutuhan dan keinginan, serta bagaimana cara mengatur pengeluaran uang untuk memenuhi antara kebutuhan dan keinginan. Program PKM ini diselenggarakan dengan serangkaian proses mulai dari tahap penentuan tema, perencanaan program, hingga evaluasi untuk mencapai keberhasilan PKM ini.

Remaja saat ini sedikit sekali remaja yang mengerti bagaimana membuat anggaran, (hanya kurang dari 50% remaja) fakta lain kebutuhan dan keinginan sering tidak sesuai dengan pendapatan.  

Bagi kebanyakan orang lebih mudah membelanjakan uang daripada menabungkan nya. Situasi ekonomi tidak mendukung kesejahteraan individu. Dalam memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan ada empat cara yang dilakukan untuk mengetahuinya.  

Yang pertama adalah pengertian

kita pahami dahulu perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Dalam pengertian sederhana kebutuhan adalah sesuatu yang anda harus miliki dalam hidup, sementara keinginan adalah sesuatu yang di harapkan atau di inginkan dalam hidup. 

Kebutuhan memiliki fungsi dan manfaat untuk tolak ukur pemenuhannya. Misal nya asupan makanan yang berfungsi mencegah perut tidak lapar, sekaligus sumber yang akan memberikan energi. sementara itu untuk keinginan ada selera sebagai standar pemenuhan nya. seperti pakaian, orang yang memiliki uang lebih akan memilih pakaian dengan bahan dan kualitas yang terbaik.

kedua dilihat dari sifat nya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan