Mohon tunggu...
Dhina Kharisma Hari Wibowo
Dhina Kharisma Hari Wibowo Mohon Tunggu... Administrasi - dhinakhw

Pekerja Negara || Perantau sudah pulang kampung halaman || Love, Family, Movie, Book, Music, Running II #GGMU || Twitter : @dhinakhw || IG : @dhinakhw || FB : Dhina Kharisma Hari Wibowo

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jika Saya Menjadi Pemimpin Daerah

4 Agustus 2018   12:27 Diperbarui: 4 Agustus 2018   12:42 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : http://www.hukumonline.com

Salah satu program andalan saya adalah investasi pada ilmu, skill dan pendidikan. Saya rombak anggaran pendidikan dan menyiapkan aset daerah yang berbentuk ilmu pengetahuan. Yang jadi fokus utama adalah di bidang IT. Kenapa? Karena teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu, hampir tiap pekerjaan sekarang bergantung pada IT.

Bagaimana cara investasinya? Saya memanggil adik-adik lulusan SMA/SMEA putra putri daerah yang mempunyai  bakat dan hobby IT. Saya ambil terbaik dari mereka dengan proses seleksi. Kemudian saya biayai mereka untuk sekolah di perguruan tinggi jurusan IT. Dalam waktu 3-4 tahun, daerah sudah memiliki ahli-ahli IT sebagai aset daerah. Setelah lulus, angkat mereka minimal menjadi tenaga honorer daerah.

Ya sejenis pendidikan ikatan dinas milik pemerintah daerah. Saya mengikat mereka dengan beasiswa pendidikan agar sekembalinya mereka dari belajar, mereka bisa membantu pemerintah daerah untuk menyiapkan program IT yang bermanfaat bagi daerah dan kemudahan masyarakat.

Saya mengamati sendiri di daerah saya, banyak putra putri daerah yang bisa dikatakan 'orang ahli' lebih memilih bekerja di luar daerah yang lebih menjanjikan dan menghargai ilmunya. Tidak ada yang rugi dengan investasi ilmu, skill dan pendidikan asal pemerintah daerah benar-benar memberi perhatian kepada mereka. Daerah juga yang pada akhirnya menuai hasilnya. Taruhlah saya menjadi pimpinan daerah 1 periode saja, 5 tahun. Saya sudah mewariskan aset ilmu yang berharga dan bermanfaat untuk kelangsungan pemerintah kedepannya.

Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun