Mohon tunggu...
Dhimas Satria Hanandyatama
Dhimas Satria Hanandyatama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang melaksanakan KKN dalam matakuliah di ilmu komputer UPI

Mahasiswa Universitas Pendidikan indonesia yang mengambil jurusan ilmu komputer yang sekarang menginjak semester 7 dan sedang melaksanakan kegiatan KKN untuk membantu masyarakat khususnya di sekolah SMAN 24 Bandung

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengenalan dalam Literasi Sains dengan Karya Tulis Ilmiah di SMAN 24 Bandung

27 September 2021   00:45 Diperbarui: 27 September 2021   00:55 95 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengenalan dalam Literasi Sains dengan Karya Tulis Ilmiah di SMAN 24 Bandung
Pengenalan dalam Literasi Sains dengan Karya Tulis Ilmiah di SMAN 24 Bandung

Karya ilmiah atau tulisan ilmiah adalah suatu karya dari serorang ilmuan yang mengembangkan suatu ilmu teknologi, pengetahuan maupun seni yang didapatkan dari kumpulan pengalaman, kepustakaan, pengetahuan dan penelitian orang lain (Soeharso & Widiastuti, 2015). Tujuan penulisan karya ilmiah yaitu dapat memiliki rasa tanggungjawab dengan hasil yang diperoleh, memecahkan suatu masalah tertentu, menambah ilmu dan pengetahuan baik dari sisi pengetahuan, teknologi, dan seni (Juniarti, 2019). Selain itu juga terdapat manfaat yang sangat baik dalam menulis karya ilmiah bagi penulis dan pembaca salah satunya adalah dapat mengembangkan pengetahuan dengan dasar ilmu yang sudah ada (Silaswati, 2018).

Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains untuk memperoleh pengetahuan baru, meng-identifikasi pertanyaan, menyimpulkan berdasarkan bukti-bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah (Fuadi et al., 2020). Dari pengertian yang diperoleh, literasi sains dan karya ilmiah hampir memilki kesamaan dalam pengertian hanya perbedaan dalam pengaplikasiannya, karya ilmiah adalah karya yang dibuat oleh seorang ilmuan untuk mengembangkan suatu pengetahuan tertentu sedangkan literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains tersebut untuk memperoleh pengetahuan. Sehingga dengan kemampuan literasi sains yang baik maka diharpakan dapat membuat karya ilmiah yang baik juga, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa karya ilmiah yang sudah ada dapat meningkatkan kemampuan literasi sains bagi yang membacanya.

Pada artikel ini penulis melakukan penelitian mengenai keberadaan karya tulis ilmiah di SMAN 24 Bandung sebagai sample penulis dan untuk meningkatkan keberadaan tersebut penulis membuat program kecil yaitu melakukan presentasi  dengan virtual meeting untuk memperkenalkan  karya tulis ilmiah secara dasar kepada siswa di SMAN 24 Bandung.  Penulis juga memperoleh data-data yang diperlukan dengan mudah karena difasilitasi oleh pihak sekolah dengan baik sehingga berjalan lancar selama 1 bulan ini. Penulis memperoleh data dengan wawancara guru olahraga dan 15 lebih siswa yang membantu penulis dalam mengisi survei. Wawancara dilakukan untuk mengetahui situasi dan kondisi pengajaran dan pembelajaran di SMAN 24 Bandung dan hasil survei dari siswa menjadi ukuran awal peneliti untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswa mengenai karya tulis ilmiah.


Referensi:

  • Soeharso, Y., & Widiastuti, E. H. (2015). Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Panduan Penulisan Karya Ilmiah.

  • Juniarti, Y. (2019). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1).

  • Silaswati, D. (2018). Pentingnya Penentuan Topik dalam Penulisan Karya Ilmiah pada Bidang Ilmu Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1).

  • Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan