Mohon tunggu...
Dhimas LN
Dhimas LN Mohon Tunggu...

Industrial engineer, kompasianer, blogger, biker, kaskuser, mahasiswer, dan pastinya hamba Allah :) [dhimaskasep.wordpress.com] [FB] [Twitter]

Selanjutnya

Tutup

Muda

Tips: Muhasabah AAI; Alhamdulillah, Astaghfirullah, InsyaAllah

31 Desember 2010   12:22 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:08 306 0 0 Mohon Tunggu...

Salah satu tips yang saya pakai sebagai muhasabah dan membuat resolusi pergantian tahun 2010 --> 2011 adalah dengan metode AAI : Alhamdulillah, Astaghfirullah, InsyaAllah.



Alhamdulillah

Menunjukkan rasa syukur kita kepada karunia-karunia yang telah diberikan Allah kepada kita selama setahun terakhir. Kita bersyukur atas segala nikmat dan anugrah yang kita dapatkan. Sebenarnya nikmat yang ada memang tidak bisa kita hitung, tapi setidaknya dengan mengingatnya akan menjadikan kita hamba yang terus bersyukur. Selain itu dengan rasa syukur ini diharapkan Allah akan menambah nikmatNya di tahun depan.



Astaghfirullah

Menunjukkan rasa penyesalan kita atas kelalaian-kelalaian yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir, serta berazzam (berkeinginan) kita agar tidak mengulanginya di tahun depan.



InsyaAllah

Hal ini berisi target-target kita di tahun 2011. Diiringi dengan doa dan ikhtiar, tentunya kita harus bertawakal karena segala sesuatu hanya terjadi atas izinNya.

Nah, ketiga hal ini dapat dijadikan metode untuk membuat resolusi pergantian tahun. Bisa ditulis agar dapat kita ingat, ataupun di-share dengan orang lain agar dapat saling memotivasi. Kalau saya, beberapa poin yang jadi AAI ialah sbb:




Alhamdulillah


  • Alhamdulillah masih diberi kesempatan menimba ilmu dengan mudah. Akses internet cukup lancar, banyak buku yang bisa dipinjam, juga banyak seminar yang bisa diikuti.
  • Alhamdulillah masih diberi teman-teman sepaham seperjuangan, yang dapat memotivasi dan memberikan lingkungan yang baik. Teman-teman di kosan bby38, teman-teman lingkaran cahaya, teman-teman ppsdms, dan yang lainnya.
  • Alhamdulillah masih bisa ngeblog di kompasiana :)


Astaghfirullah


  • Astaghfirullah masih sering malas, masih sering menunda-nunda tugas
  • Astaghfirullah masih sering tidur bada subuh. Sering melalaikan waktu yang seharusnya bisa dibuat produktif.


InsyaAllah


  • InsyaAllah tahun 2011 harus diwisuda di sabuga. Aminnnnnnnn ya Allah……
  • InsyaAllah tahun 2011 ingin bisa mandiri dari orang tua, punya pekerjaan yang jelas
  • InsyaAllah tahun 2011 ingin nambah berat badan 5 kg

Ada teman-teman yang mau share AAI di sini? Masukin komen yaa :) . Semoga bisa saling memotivasi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x