Rawabunga, Jatinegara (09/08/2020) - Pandemi Covid-19 di Indonesia, sudah berlangsung selama kurang lebih 5 bulan. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menghambat persebaran virus corona, diantaranya yaitu memberlakukan pembatasan sosial skala besar (PSBB) hingga penetapan untuk memasuki era new normal. Dalam era new normal, masyarakat diperbolehkan melakukan aktivitas diluar rumah namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan kebersihan yang diberlakukan oleh pemerintah. Langkah-langkah pencegahan yang ditetapkan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rutin mencuci tangan, dan menerapkan hidup bersih dan sehat.
Ditengah pandemi Covid-19, Universitas Diponegoro tetap melangsungkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan dilaksanakan oleh mahasiswanya. Namun, kegiatan ini berbeda dengan KKN pada umumnya yakni kegiatan KKN akan dilakukan di kampung masing-masing dan dilakukan secara individu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tema yang diusung dalam kegiatan KKN Tim II Undip Periode 2020 yaitu "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan".
Dilihat dari keadaan sekitar, masyarakat di RW 009, Kelurahan Rawabunga, Kecamatan Jatinegara masih abai terhadap protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Banyak masyarakat yang masih keluar rumah dengan tidak menggunakan masker, bahkan ada juga yang berkumpul disebuah warung makan namun tidak menerapkan physical distancing. Kurangnya partisipasi masyarakat dalam menghambat penyebaran Covid-19 saat ini, mendorong mahasiswa Universitas Diponegoro, Nur Fadhilah Ramadhini Rahman (FISIP, 2017) untuk turut adil dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait "Pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan dalam Menghadapi Era New Normal". Program ini berupa penempelan poster di beberapa titik strategis, melakukan sosialisasi secara door-to-door, dan penyebaran poster melalui sosial media.
Penulis : Nur Fadhilah Ramadhini Rahman/FISIP/Administrasi Bisnis
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Eny Fuskhah, M.Si