Mohon tunggu...
Dhika FajarDwiansyah
Dhika FajarDwiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mau nulis aja

Halo, ini akunku!

Selanjutnya

Tutup

Money

Dari Membuat Kopi, Jadi Pemilik Usaha Kopi

20 Juni 2021   16:39 Diperbarui: 22 Juni 2021   08:43 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Logo Warung Orang Awam

Jakarta -- Banyak usaha yang didirikan akhir-akhir ini oleh para milenial di bidang F & B ( Food & Beverage ) tak terkecuali Fauzan. Fauzan atau yang akrab disapa Ojan ini mulai mendirikan usahanya yang ia beri nama “ Warung Orang Awam “ pada 31 Desember 2020. Fauzan mengatakan ia mulai menyukai membuat kopi ketika ia bekerja sebagai barista (pembuat kopi) yang akhirnya membuat Fauzan tertarik untuk membuat usaha miliknya sendiri.

“Mulai suka bikin-bikin kopi karena pernah bekerja di coffeshop, sih. jadi cukup familiar  dan menguasai mesin–mesin produksi kopi,” Ucap Fauzan dalam wawancara yang dilakukan melalui Google Meet pada Selasa (27/4).

  (Foto: via Google Meet pada tanggal 27 April 2021 pada pukul 10.22 WIB) Dokpri
  (Foto: via Google Meet pada tanggal 27 April 2021 pada pukul 10.22 WIB) Dokpri

Ia menambahkan bahwa untuk saat ini, ia sendiri yang menjalankan usahanya ini, mulai dari meracik produk hingga mengantarkan produk ke pelanggan, sehingga pemesanan untuk saat ini hanya dapat dilakukan melalui melalui sistem pre-order. Beda dengan sistem pre-order lainnya yang membutuhkan waktu berhari-hari, pesanan biasanya sudah dapat diantarkan ke alamat pelanggan dalam hitungan jam saja.

Fauzan menjelaskan bahwa ia berani mendirikan usaha tersebut, meskipun banyak usaha setipe, yaitu dengan cara membangun personal branding yang menarik, membuat menu yang cukup beragam dengan ciri khas yang terletak pada cita rasanya, dan tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Contoh personal branding yang ia bangun ialah dengan menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen, sehingga membuat konsumen nyaman dan akan kembali membeli produk. Selain itu, Fauzan membuat tampilan media sosial Warung Orang Awam semenarik dan selengkap mungkin, yang dapat memudahkan konsumen dalam mencari informasi. Media sosial yang ia gunakan dalam mempromosikan usahanya ini, ialah Instagram dan Whatsapp.

Pada media sosial Instagram Warung Orang Awam, Fauzan mencantumkan info kontak, metode pembayaran dan menu yang dimiliki oleh Warung Orang Awam, serta banyak promo yang disajikan guna menarik minat para calon konsumen.

Sumber: https://www.instagram.com/warungorangawam/
Sumber: https://www.instagram.com/warungorangawam/

Untuk menu yang ditawarkan sendiri, Fauzan mengatakan bahwa ia juga membuat minuman yang tidak berbahan dasar kopi, sehingga dapat menarik minat pelanggan yang kurang menyukai kopi. “Untuk yang enggak terlalu suka kopi, jangan khawatir, Warung Orang Awam juga menjual minuman yang tidak berbahan dasar kopi, kok,”

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun