Mohon tunggu...
Dhika Ariadi Alamsyah
Dhika Ariadi Alamsyah Mohon Tunggu... Pemuka Agama - -

Hallo salam kenal. Jika tulisanku cukup menarik buatmu, luangkan waktu untuk berkomentar ya. Dan jangan lupa kunjungi Instagram @dhikaaral

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Review Buku "Hidup Tak Perlu Berjuang" Karya Stuart Wilde

24 Juni 2021   13:31 Diperbarui: 24 Juni 2021   13:31 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KESAN PERTAMA ketika melihat buku ini ditumpukan buku waktu di book wolf festival di ICE BSD tahun 2020 lalu saya langsung tanpa berpikir lama untuk membeli buku ini apalagi pas lihat harganya “wah murah bangert cuma 20.500” walaupun memang ukuranya sangat kecil dan tipis tapi cover dari buku ini betul-betul menarik buat saya apalagi dengan judul yang sangat nyeleneh HIDUP TAK PERLU BERJUANG, cukup humoris buat saya.

“jika sukses itu mudah mengapa harus dipersulit” baris kedua dari cover buku ini.

Lembar demi lembar diawal buku saya pikir buku ini memang buku untuk menertawakan arti sebuah perjuangan hidup. Mulai dari doktrin semasa kecil kita semua bahkan yaitu jika ingin bahagia dengan kehidapan dewasa kelak, artinya kita harus berjuang dan menahan penderitaan itu semua.

Selain lembaran awal yang sangat humoris menurut saya, buku inipun berisi animasi yang semakin menyakinkan saya bahwa buku ini memang buku guyon. Tapi ketika memasuki pertengahan buku barulah saya mulai mendapatkan maksud dari Wilde dibuku ini. Oiya dari lembar dan memang tipis hanya 76hlm dan berukuran kecil saya memang tidak berharap tinggi dengan buku ini dan juga hanya berisi 5 daftar ini termasuk dengan kesimpulan tentunya.

‘HIDUP ADALAH PERJUANGAN’ hal 3

Pada bab 1 ketika kan dipaparkan oleh wilde tentang berbagai jenis para pejuang, penulis sangat menyederhanakan maksud ide dari bab ini dengan berbagai perumpamaan2, cukup berisi dan saya nyaman sampai sini,

Selanjutnya adalah bab 2 dimana Wilde menjelaskan bahwa menurutnya terkadang seseorang berjuang dalam hidupnya namun tidak menyadari sudah sejauh mana ia berjuang, disini ada beberapa point yang menurut saya begitu relevant dengan bagi seseorang yang sedang berjuang namun bingung dalam mengukur sudah sampai mana ia berada,

Selain menjelaskan tentang runutuan hal apa saja yang hal yang diperjuangkan seseorang, Wildepun menjabarkan beberapa fase seorang perjuang tersendat dalam perjuangannya. Salah satu contohnya seperti terkadang seseorang berjuang terlalu mengharapkan penerimaan dan persetujuan dari orang lain tentang apa yang sedang dilakukanya, karena baginya ketika orang lain mengakui beradaanya maka itulah arti perjuangan.

Bagi Wilde semakin mengerti seseorang tentang perjuangan maka disitulah ia semakin harus menyingkirkan perjuangannya tersebut. Wilde mengatakan Perjuangan bukanlah sesuatu yang alamiah.

Pada bab 4, kalian akan diarahkan untuk mengetahui untuk apa anda berjuang, apa yang sebenarnya niat awal dan apakah sudah sesuai dengan tujuannya. Dengan dibarengi beberapa contoh kasus saya sendiri sangat menantikan apa yang sedang datang dari ide Wilde didalam buku ini. Dan tentu saja ada beberapa animasi yang juga mendukung dari contoh2 kasus yang ada.

Akhir cerita yang singkat ini, Bacalagi buku HIDUP TAK PERLU BERJUANG karya Stuart Wilde ini saya rekomendasikan buat siapapun yang mungkin saja sedang berjuang atau sedang bingung mau melakukan apa kayanya cocok banget buat baca buku ini, dari halamannya tipis dan gaya bahasanya yang sederhana membuat buku ini tidak begitu berat dibaca. Sebagai akhiran saya akan menyalin satu paragraf yang saya sukai dari buku ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun