Mohon tunggu...
dhifan razaqa
dhifan razaqa Mohon Tunggu... SMAN 28 JAKARTA

XI MIPA 2 absen 10

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Di Rumah Saja? Belajar Bikin Game Yuk!

1 Agustus 2020   16:04 Diperbarui: 1 Agustus 2020   18:34 117 5 0 Mohon Tunggu...

Di masa pandemi ini kita dianjurkan untuk tetap di rumah saja, yang menyebabkan bertambahnya pengguna game online perharinya. Indonesia sendiri memiliki jutaan pengguna aktif game online tiap harinya, di mana game saat ini menjadi pasar yang sangat besar untuk meraup keuntungan. 

Sayangnya developer game lokal Indonesia masih sangat sulit untuk bersaing dengan developer luar negeri, karena orang Indonesia sendiri yang lebih suka memainkan game game dari luar dan banyak juga developer lokal yang tidak di support saat mereka merilis game gamenya, bukannya diberi kritik dan saran yang membangun malahan di bully habis-habisan. 

Untuk itu saya rasa penting mengetahui bagaimana cara membuat sebuah game. Inliah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk merancang dan membuat game.

1. Menentukan ide game

Dalam merancang sebuah game pertama tama sudah pasti kita harus menentukan ide, mau seperti apa dan mau bagaimana game kita nantinya. Ide adalah hal yang paling penting dan paling sulit untuk di tentukan karena tidak ada rumus pasti untuk menuju sukses. 

Ide yang kita tentukan harus unik dan sebisa mungkin mengikuti trend yang sedang berlangsung, ada puluhan ribu game diluar sana sehingga kita harus membuat game yang berbeda dan mudah di mainkan oleh user.

2. Menentukan engine apa yang digunakan

Game engine yang paling populer saat ini adalah Unity, karena Unity sangat mudah digunakan dan banyak sekali tutorial yang menjelaskan bagaimana cara menggunakan Unity. Di samping itu Unity juga sangat ringan sehingga bisa di gunakan pada laptop yang berspesifikasi rendah.

Selain Unity ada pula game engine lain yaitu Unreal Engine 4, Unreal Engine 4 ini sangat baik digunakan untuk membuat game yang visualnya memanjakan mata. Namu Unreal Engine memiliki spesifikasi yang lebih berat daripada Unity.

Selain kedua game engine di atas terdapat juga Construct 2 yang merupakan game engine paling ringan karena hanya dapat membuat game 2D . Construct 2 juga paling mudah digunakan karena tidak memerlukan coding.

3. Membuat game mekanik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN