Mohon tunggu...
Muhammad Dhiaz Alfiansyah
Muhammad Dhiaz Alfiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi yang Melanda Indonesia

30 Juli 2021   14:01 Diperbarui: 30 Juli 2021   14:28 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi yang Melanda Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Muhammad Dhiaz Alfiansyah

NIM : J0301211282

Program Studi : Komunikasi

PANDEMI YANG MELANDA INDONESIA

Mengetahui Covid-19, Covid-19 adalah infeksi yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut Coronavirus. Covid dapat menyebabkan lebih sedikit masalah pada sistem pernapasan, kontaminasi paru-paru yang serius, dan bahkan kematian. Kondisi pernapasan sangat intens Covid 2 (SARS-CoV-2) atau disebut juga Covid adalah jenis lain dari Covid yang dikomunikasikan kepada manusia. Infeksi ini dapat menyerang siapa saja, seperti orang tua, orang dewasa, anak-anak, dan bayi baru lahir, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Penyakit Covid pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China menjelang akhir Desember 2019. Selain itu, infeksi ini menular dan menyebar dengan cepat ke seluruh belahan dunia, dan hampir ke semua negara termasuk Indonesia, hanya dalam beberapa bulan.

 Manifestasi Virus Corona digambarkan dengan demam, retas kering, dan kelemahan. Manifestasi ini seperti virus biasa pada umumnya. Selain gejala-gejala tersebut, ada juga beberapa gejala lain dari Coronavirus yang dapat muncul, seperti hilangnya kemampuan untuk merasakan atau mencium wewangian, hidung pegal, mata merah, sakit tenggorokan, migrain, nyeri otot atau sendi, ruam kulit, masalah terkait perut. , seperti sakit , regurgitasi, atau lari, kedinginan, tidak adanya keinginan.

Ada beragam metode yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis COVID-19, namun setiap jenis pemeriksaan mempunyai tingkat keakuratan dan periode tes optimal yang berbeda-beda, berikut beberapa perbedaan tes COVID-19, yaitu :

*PCR (Polymerase Chain Reaction) Swab : adalah metode untuk mendeteksi materi genetik virus COVID-19. Metode pengambilan sampel dengan swab berarti mengusap rongga hidung dan tenggorokan menggunakan alat khusus.

*Rapid Antigen : Sampel cairan pada tes antigen diperoleh dengan mengusap rongga hidung pasien.

*Rapid Antibodi : Pemeriksaan ini menggunakan sampel darah pasien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN