Mohon tunggu...
Yusuf Dhiaulhaq
Yusuf Dhiaulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa Undip Fakultas FISIP UNDIP

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Politik Undip, Jurusan Hubungan Internasional

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Mengajarkan Manfaat Masker Bedah pada Pengusaha UMKM

4 Agustus 2020   16:17 Diperbarui: 4 Agustus 2020   16:14 21 1 1 Mohon Tunggu...

Kota Semarang, (4/8/2020). Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di berbagai lokasi di Indonesia. Di masa pandemi covid-19 ini berbagai upaya mitigasi dan penyesuaian dilakukan oleh para pengusaha UMKM. Salah satu upaya yang umum dan sudah dilakukan oleh hampir semua masyarakat di Indonesia adalah penggunaan masker. 

Dalam rangka melakukan sosialisasi sebagai akan manfaat masker bedah kepada pengusaha UMKM sebagai wujud pelaksanaan program kerjanya maka, berdasarkan survei yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip tim II 2020 di salah satu depot kuliner yang berada di Kelurahan Kalibanteng kulon, Kecamatan Semarang Barat, hampir semua penjual atau pengusaha UMKM kuliner disana mengenakan masker kain sebagai upaya mitigasi dan penyesuaian di masa pandemi ini. 

Oleh karena itu Mahasiswa tersebut melakukan sosialisasi mengenai manfaat masker bedah kepada para penjual dan pengusaha UMKM di depot tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan pada para pengusaha UMKM di area depot tersebut mengenai berbagai kesamaan maupun perbedaan antara fitur masker kain dan masker bedah seperti ;

1. Kedua masker memiliki lapisan luar anti air.
2. Masker bedah memiliki filter kuman di lapisan tengah yang jauh lebih bersih dan fitur ini tidak dimiliki masker kain
3. Kedua masker memiliki lapisan dalam untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut

Adapun kelemahan dari masker bedah adalah penggunaanya yang terbatas yaitu sekali pakai, begitu rusak atau sangat basah perlu diganti sedangkan masker kain bisa digunakan berulang-ulang apabila dibersihkan lagi. Agar tidak mengganggu proses penjualan atau usaha maka sosialisasi ini dilakukan satu persatu pada para penjual, jadi saat satu pengusaha UMKM menjadi responden untuk sosialisasi yang lain dapat meneruskan kegiatan jual beli.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x