Mohon tunggu...
dhevina cahya
dhevina cahya Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Risk Based Internal Auditing: Apakah Sudah Dilaksanakan Secara Efektif?

9 Mei 2021   12:49 Diperbarui: 9 Mei 2021   13:05 76 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Risk Based Internal Auditing: Apakah Sudah Dilaksanakan Secara Efektif?
/whitecollaraccountant.com

Pengertian Audit Internal

Institute of Internal Auditor menjelaskan bahwa Audit Internal merupakan suatu kegiatan yang memiliki kegiatan asuransi dan konsultan yang bersifat independen dan objektif guna memberikan nilai tambah dan meningkatkan kegiatan organisasi.

Audit Internal bertugas untuk memeriksa, mengawasi dan memberikan evaluasi apakah kegiatan organisasi dijalankan sesuai dengan prosedur yang tepat. Dari kegiatan tersebut, maka dapat disimpulkan dengan diadakannya audit internal diharapkan tujuan organisasi dapat dicapai dengan mudah.

Risk Based Internal Auditing

Apa itu risk based internal auditing? Apakah berbeda dengan audit internal? Risk based internal auditing merupakan salah satu metode yang dilakukan oleh internal audit dalam melaksanakan tugas auditnya. Metode risk based internal auditing ini menekankan pada risiko - risiko yang akan dihadapi oleh organisasi, sehingga dalam menjalankan audit, para auditor tidak hanya melakukan audit biasa tetapi juga memastikan apakah internal control risiko yang menjadi tanggung jawab manajemen risiko telah dilaksanakan dengan baik.

Maka dapat disimpulkan bahwa risk based internal audit merupakan suatu kegiatan yang merupakan menggabungan antara internal audit dan manajemen risiko suatu organisasi. Kegiatan ini menurut saya sangat penting mengingat dalam suatu organisasi, risiko merupakan hal yang tidak dapat dihindari, sehingga perlu diadakannya audit untuk memastikan apakah risiko - risiko yang dimiliki perusahaan telah ditangani oleh manajemen atau belum. Sama dengan internal audit, risk based internal audit juga dapat memudahkan organisasi dalam mencapai tujuannya.

Bagaimana cara organisasi dalam mengetahui apakah risk based auditing telah dilaksanakan dengan baik ?

Organisasi dapat mengatahui kinerja auditor dengan cara melakukan evaluasi pada audit internal. Cara yang dapat dilakukan organisasi dapat berupa memberikan jadwal tertentu untuk para auditor dapat memberikan hasil rekap pekerjaanya kepada organisasi. Selain itu organisasi juga dapat mengukur hasil kinerja para auditor dengan menganalisis apakah terjadi kerugian dalam organisasi tersebut atau sebaliknya. Jika setelah pelaksanaan audit tersebut organisasi mendapatkan lebih banyak keuntungan maka dapat diperkirakan bahwa hasil dari kegiatan risk based internal auditing tersebut telah dilaksanakan dengan baik.

Sumber:

https://www.klikharso.com/2016/08/paradigma-penting-rbia.html?m=1

https://auditorindonesia.or.id/2021/02/03/risk-based-audit/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN