Mohon tunggu...
Dhevi Kusumaningrum
Dhevi Kusumaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hello

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Radio Tempat Magangku

25 Januari 2022   20:37 Diperbarui: 25 Januari 2022   20:51 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hallo guys, kenalin aku Devi. Saya mahasiswa semester tujuh dari prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Di semester ini aku ambil mata kuliah magang. Dan saya memutuskan untuk magang secara kelomok, yang di mana saya magang dengan teman-teman saya.

Sedikit gambaran tentang tempat magang, PTPN RADIO 99,60 FM yang berada di Jl. Saharjo/Kebalen No.2, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. PTPN Sendiri singkatan dari  Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional. kantor PTPN Radio sendiri cukup luas  untuk beraktivitas dengan karyawan yang cukup banyak.

PTPN Radio 99.6 FM adalah stasiun radio siaran swasta dari Surakarta, Indonesia yang menyediakan informasi dan hiburan musik Country, Folk dan Top 40 / Pop.Tag line Radio PTPN Solo : Your Hits and Favorite Station.

Di PTPN Radio ada beberapa team kerja, mulai dari Production Manager,Marketing Manajer ,Program Director & Announcer. Aku sendiri beradi di bagian Marketing

Untuk jam kerjanya mulai dari hari Senin sampai Jum'at pukul 08.00 - 16.00 WIB, hari Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB dan hari minggu libur.

Kegiatan magang yang dilakukan selama 2 bulan pada awal tanggal 01 Oktober 2021 sampai 30 November 2021. Kegiatan utama yang ada di Departemen Marketing adalah Melakukan survey pendengar dan pelanggan terhadap efektifitas dan efisiensi target radio, Mempromosikan dan menjual produk radio dalam bentuk iklan (loose spot, adlibs, insert dan lain-lain), Menyusun dan memeriksa data iklan, khususnya data siar iklan yang menyangkut jam-jam tayang iklan.

Selama kegiatan magang saya Melakukan survey pendengar terhadap efektifitas dan efisiensi target radio, Mempromosikan dan menjual produk radio dalam bentuk iklan (loose spot, adlibs, insert dan lain-lain). Dalam kegiatan ini dilakukan membuat surat penawaran ke berbagai perusahaan/tempat usaha agar mereka mau beriklan di radio PTPN Solo dan juga Mempromosikan dan mempresentasikan konsep dan produk/program radio kepada klien atau pihak-pihak yang dipandang potensial. Melakukan koordinasi dengan pembimbing khususnya dalam penjualan program/produk atau hal-hal lain yang diinginkan klien/pihak luar.

Saya juga membuat sebuah Mini Event yang bersama anak-anak  magang departemen  marketing dengan  komunitas motor yang  bernama " ngocak  (ngobrol acak)"

Jadi apa yang saya rasakan selama magang di PTPN Radio 99,60 FM adalah nyaman, senang dan memotivasi saya dalam segala hal. Selama magang saya juga diminta untuk memberi masukan maupun saran untuk kemajuan Radio PTPN kedepannya, dan menurut pandangan saya beberapa masukan maupun masukan saya diterima baik dan diterapkan.

Sekian artikel yang berisikan pengalaman yang menyenangkan selama magang di PTPN Radio 99,60 FM. Semoga apa yang saya ceritakan dapat menginspirasi siapa saja yang membacanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun