Mohon tunggu...
danang kristianto
danang kristianto Mohon Tunggu... seorang biasa yang hobi membaca dan menulis.

freelancer, menatap dunia lebih apa adanya

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Manfaat dan 7 Fakta Sejarah Futsal Ini Jarang Diketahui Publik

24 November 2019   14:11 Diperbarui: 24 November 2019   14:19 27 0 0 Mohon Tunggu...
Manfaat dan 7 Fakta Sejarah Futsal Ini Jarang Diketahui Publik
Futsal, sarana pemupukan rasa persaudaraan

Maraknya pembangunan di tanah air berdampak semakin berkurangnya lahan yang bisa di pergunakan untuk berolahraga, khususnya sepak bola. Lapangan sepakbola kini semakin minim di temui apalagi di kota-kota  besar di Indonesia. 

Untuk bisa bermain sepakbola saat ini rasanya sebuah olahraga yang cukup mahal karena stadion lapangan bola yang ada saat ini terbatas dan hanya kalangan tertentu yang bisa menikmati.

Salah satu alternatif untuk masyarakat dalam menyalurkan hobi bermain sepakbola kini dialihkan menjadi sebuah permainan bernama futsal atau bisa di sebut juga miniatur football. 

Futsal sendiri merupakan olahraga baru serupa sepakbola namun di pertandingkan di dalam ruangan. Berikut 7 fakta sejarah futsal yang jarang di ketahui publik

1. Di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani, futsal pertama kali diperkenalkan.

2. Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

3. Asal penamaan futsal terdiri dari 2 kata, berasal dari bahasa Spanyol yaitu futbol dan sala. Futbol berarti sepakbola sedang sala berarti ruangan.

4. Penemu futsal adalah Prof. Juan Carlos Ceriani, Pria kelahiran Buenos Aires, Argentina 9 Maret 1907. Beliau adalah seorang profesor yang juga seorang guru pendidikan jasmani ini tercatat sebagai lulusan Federasi Amerika Selatan YMCA yang sekarang disebut Federasi Amerika Latin.

5. Futsal pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Justinus Lhaksana.

Pria kelahiran 28 Juli 1967 ini pernah menjabat sebagai pelatih timnas futsal Indonesia pada tahun 2004 -- 2007.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x