Mohon tunggu...
DHEA PRASTITI
DHEA PRASTITI Mohon Tunggu... Freelancer - DHEA

Nothing is impossible

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Siapa Bilang Catur Tidak Termasuk Olahraga? Olimpiade Adalah Jawabannya!

29 Juli 2021   13:17 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:02 112 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Bilang Catur Tidak Termasuk Olahraga? Olimpiade Adalah Jawabannya!
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kebanyakan orang melalukan kegiatan olahraga adalah olahraga yang berat namun, siapa sangka jika permainan satu ini justru sudah menjadi kategori olahraga lagi bukan permainan. Olahraga Catur pernah menjadi perbincangan masyarakat, Catur atau dalam bahasa Inggris, chess, telah familier di kalangan masyarakat Indonesia. 

Sebelum saya menceritakan mengalaman saya tentang olahraga catur, saya akan menjelaskan sejarah catur menurut saya sendiri. Olahraga yang mengandalkan strategi ini membuat banyak orang terhibur saat memainkannya. Catur biasanya terdiri dari dua pemain saja. 

Olahraga catur menurut sebagian besar sejarawan berasal dari India pada abad kelima atau keenam. Bentuk catur yang paling awal diketahui adalah chaturanga, berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya 'empat unsur yang terpisah', karena memang di India kuno olaharaga catur dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda.

Cover

Salah satu Olahraga yang banyak membakar kalori karena terlalu banyak teknik berpikirnya

Menurut mistisisme India kuno, catur dianggap mewakili alam semesta sehingga sering dihubungkan dengan empat unsur kehidupan yaitu api, air, udara, dan tanah karena dalam olahraga catur menyimbolkan cara-cara hidup manusia. Dari India, chaturanga menyebar dengan cepat ke Persia, yang lantas disebut chatrang. 

Ketika orang-orang Arab menginvasi Persia pada abad ketujuh, mereka menyebutnya shatranj dan mempopulerkannya ke seluruh dunia Arab. Chaturanga juga kemungkinan nenek moyang dari game strategi Timur xiangqi (catur China), janggi (catur Korea), dan shogi (catur Jepang).

 Pada abad ke delapan, ketika bangsa Arab menyebarkan Islam ke Spanyol, catur mulai menyebar ke daratan Eropa hingga ke Jerman, Italia, Belanda, Inggris, Irlandia, dan Rusia.Masuk ke tanah Eropa, olahraga catur meningkat pesat. Banyak pertandingan dan turnamen diadakan dengan frekuensi yang lebih besar. Sedangkan sejarah catur di Indonesia dibawa oleh bangsa Belanda pada waktu menjajah.

Saya pernah mempunyai teman perempuan dimasa sekolah, namun ia selalu membawa catur ketika bermain atau diwaktu jam istirahat. Catur nya pun awalnya hanya meminjam dari sekolah, ia biasanya bermain dengan guru atau temannya di jam kosong pelajaran, saya sempat heran, ini kenapa perempuan main catur enggak main olahraga lain seperti basket atau badminton yang jelas olahraganya mengeluarkan keringat. 

Teman saya ini awanya belum mahir seperti sekarang, namun karena ia yakin dan terus mau belajar akhirnya bisa. Dan ada waktu dimana sekolah mengadakan lomba, lomba nya pun macam-macam salah satunya ada Lomba Catur ini, nah ternyata teman saya ikut dan akhirnya juara pertama. 

Saya dan teman maupun guru sempat kaget, baru ada perempuan ini yang bisa bermain olahraga catur dan menang, akhirnya diakhir tahun ada kabar Olimpiade olahraga Catur, didaftarkan lah teman saya ini ikut lomba mewakili sekolah selama 4 hari. Ternyata ia berhasil meraih kejuaraan 1 pemain terbaik wanita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN