Wisata

11 Tempat Wisata Kalimantan Barat yang Terkenal

11 Juli 2018   01:10 Diperbarui: 11 Juli 2018   01:29 488 0 0

Kalimantan Barat juga merupakan salah satu propinsi yang dilalui garis khatulistiwa. Tepatnya garis khatulistiwa melewati ibukotanya yaitu kota Pontianak. Oleh karena itu Propinsi kalbar banyak sekali terdapat destinasi wisata yang menarik dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata lainnya. Lebih jelasnya berikut daftar Tempat Wisata Paling Terkenal di Kalimantan Barat rekomendasi dari Traveluxion sebagai tujuan traveling anda.

1. Tugu Khatulistiwa Pontianak

Jika anda mengunjungi Kota Pontianak jangan lupa untuk mengunjungi tugu yang satu ini yaitu Tugu Kaltulistiwa. Tugu yang merupakan icon dari Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia. Tugu Kaltulistiwa letaknya di jalan Kharulistiwa Pontianak Utara, Provinsi KalBar. Berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak.

Yang menjadi daya tarik di tugu khatulistiwa adalah Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Di Tugu Khatulistiwa menjadi lokasi Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi merupakan titik di mana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Saat fenomena alam ini berlangsung, bayangan tugu akan 'menghilang' selama beberapa detik meskipun diterpa sinar matahari. Ini menjadi tontonan sekaligus wisata yang jarang ditemui ditempat lain.

2. Rumah Radakng

Wisata Kalimantan Barat, khususnya Tempat wisata di Pontianak salah satu yang terkenal adalah replika dari Rumah Radakng. Objek wisata Rumah Radakng Pontianak merupakan rumah adat Suku Dayak. Biasa dikenal dengan nama Rumah Panjang atau Rumah Betang yang dibangun di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata Budaya di Pontianak. Bangunan rumah Radakng ini memiliki panjang 138 m, tinggi 7 m, dan lebar 5 m. Dengan Bagunan Rumah panggung ini dibuat untuk melestarikan bangunan adat khas dayak. Jika mau mengunjungi Reflika rumah radakng, alamat lokasinya terletak di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak Kalbar.

3. Pantai Pasir Panjang Singkawang

Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, menghadap ke laut Natuna serta beberapa pulau kecil di sekitarnya, antara lain pulau Lemukutan, pulau Kabung dan Pulau Randayan. Perahu-perahu kecil dan speed boat dapat disewa di sini untuk menuju ke pulau-pulau tersebut. Pantai Pasir Panjang berada di Kecamatan Tujuhbelas, hanya 17 km dari pusat kota Singkawang.

Fasilitas yang lengkap dan nyaman dapat anda rasakan saat berwisata atau berlibur ke pantai Pasir Panjang ini. Mulai penginapan, kolam renang keluarga, tempat bermain anak-anak, warung-warung makan hingga fasilitas olahraga seperti motorcross, road race dan gokart. Anda dapat pula memancing langsung ke kawasan laut.

4. Pulau Randayan  Bengkayang

Pulau randayan sekarang sudah menjadi obyek wisata Kalimantan Barat yang sudah cukup terkenal. Termasuk wisata di Kalimantan Barat yang populer dikalangan wisatawan, khususnya wisatawan kalbar. Letak Pulau Randayan yang setrategis, karena berada diantara kota singkawang dan Kabupaten Bengkayan. Namun Secara Administrasi Pulau Randayan Masuk kewilayah Kabupaten Bengkayang.

Kawasan pulau randayan di kelilingi banyak pulau di sekitarnya, sehingga melengkapi keindahan tempat wisata Pulau Randayan. Untuk Akses menuju ke pulau Randayan dapat ditempuh melalui dua dermaga yang menyediakan akses transportasi untuk umum. Yaitu Dermaga Teluk Suak dan Dermaga di Pantai Samudera Indah.

Waktu perjalanan kurang lebih 1 -- 2  jam tergantung cuaca dengan menggunakan kapal motor dan membayar ongkos sekitar 35.000,-/orang. Kapal-kapal motor ini juga membawa barang keperluan pokok masyarakat Pulau Lemukutan, pulau yang sangat dekat jaraknya dengan Pulau Randayan. Umumnya kapal motor ini berangkat pagi menjelang siang sekitar pukul 09.00 -- 10.00 Wib.

5. Pantai Temajuk Sambas

Pulau temajuk merupakan tempat wisata Kalimantan Barat yang terkenal. Di tempat ini anda akan merasakan eksotisme pantai yang masih alami di kawasan perbatasan Indonesia dan Malaysia. banyak spot-spot menarik bisa anda explore saat berada disini. Mengunjungi objek wisata Pulau Temajuk pasti akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi pengunjung, Karena Memiliki pemandangan khas pantai yang indah.

Mengunjungi tempat wisata pulau temajuk Anda akan menikmati birunya laut, dan putihnya pasir pantai yang menajubkan. Selain liburan anda bisa sambil merasakan secara langsung kehidupan di titik terdepan masyarakat perbatasan. Walau tempat wisata ini terpencil namun sangat terkenal di kalimantan Barat. Lokasi tempat wisata Pulau Temajuk berada di desa terpencil lokasinya di Kec. Paloh, Kab. Sambas. Pantai ini hanya berjarak 4 Km dari border Indonesia-Malaysia.

6. Air Terjun Mananggar Landak

Air terjun yang sangat terkenal di daftar wisata Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten landak adalah air terjun Riam mananggar. Air terjun ini ada yang bilang reflika dari air terjun Niagara di Amerika, walaupun lebih kecil di banding dengan air terjun niagara namun keindahan yan ditawarkan tidak kalah menarik.

Air terjun Riam Mananggar ini lokasinya terletak di Kec. Serimbu, Kab. Landak, bisa ditempuh sekitar 5 Jam perjalanan darat dari Kota Pontianak. Air terjun yang masih alami menambah keindahan wisata alam kalimantan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2