Mohon tunggu...
Dhea Meditasari
Dhea Meditasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Public Health

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kelengkapan Berkas Rekam Medis dalam Klaim JKN (BPJS)

29 November 2021   21:01 Diperbarui: 29 November 2021   21:07 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rumah sakit adalah salah satu pendukung system kesehatan yang berfungsi sebagai sarana pelayanan kesehatan yang perlu terus untuk meningkatkan mutu pelayanannya dalam semua bidang di rumah sakit, mutu dalam suatu tempat pelayanan kesehatan tidak hanya diukur dari medis dan paramedic, tetapi hal yang tidak kalah penting yaitu kelengkapan fasilitas kesehatan yang dapat dilihat dadri kelengkapan administrasinya.

Terkait membahas mengenai kelengkapan administrasi yang terdapat dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, dapat dikenal tiga sumber data pada buku pedoman manajemen informasi kesehatan yaitu berkas adminitrasi, hasil pendataan identitas pasien dana rekam medis pasien. Rekam medis ini merupakan sarana pedokumentasian data atau informasi utama dalam sarana pelayanan kesehatan. 

Rekam medis ini juga merupakan berkas atau dokumen penting bagi setiap intansi rumah sakit, rekam medis ini berisikan segala informasi menyangkut pasien sebagai dasar dalam menentukan tindak lanjut upaya pelayanan maupun tindakan medis.

Pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-undang no. 40 tahun 2004 tentang implementasi Sistem Jaminan Nasional berdasarkan prinsip kemanusiaan, manfaat, dan keadilan sosial untuk semua warga Negara. Pada sektor kesehatan, pemerintah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memastikan kesehatan bagi warga negara. 

Menurut buku Praktis Administrasi Fasilitas Kesehatan BPJS 2014  kelengkapan informasi (Berkas Rekam Medis) penting sekali untuk verifikasi klaim. Verifikasi klaim disusun khusus dengan tujuan menjadi acuan verifikatir klaim di BPJS. Kelengkapan rekam medis juga menjaga fasilitas kesesehatan untuk mutu layanan dan efisiensi biaya pelayanan kesehatan.

Maka dapat dilihat bahwa Berkas Rekam Medis pasien ini merupakan faktor yang sangat penting dalam pengklaiman BPJS. Kelengkapan berkas rekam medis pasien ini akan menunjukan kepada akurasi pemberian jaminan oleh BPJS. Kepada petugas klaim BPJS harus melakukan pemeriksaan kelengkapan rekam medis untuk memastikan bahwa BPJS memberikan pembiayaan dengan tepat dan sesuai dengan spesifikasi jenis-jenis rawatan.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan