Mohon tunggu...
dharma simatupang
dharma simatupang Mohon Tunggu... Guru - Guru Fisika SMK N 2 Pematangsiantar

^^Anugrah Ilahi membuat ku membumi^^

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Bank Digital bagi Milenial Lebih Dekat Menuju Merdeka Finansial

24 Oktober 2021   17:30 Diperbarui: 25 Oktober 2021   06:00 337 29 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bank digital | Sumber: Shutterstock via tekno.kompas.com

Dua minggu yang lalu selama 4 hari saya mengikuti Diklat Perkoperasian bertempat di sebuah hotel di kota Pematangsiantar. Diklat yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, tentunya dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. 

Saya mewakili koperasi guru dan pegawai tempat saya bekerja sebagai utusan dari badan pengawas koperasi. 

Pada saat itu ada sebuah sesi yang dibawakan oleh utusan dari Bank Indonesia, yang mengulas tentang QRIS (Quick Response Code Indonesian Standart). 

QRIS yang telah memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik yang berbasis server, dompet digital, atau mobile banking. 

QRIS dijelaskan sebagai kanal yang membuat pembayaran menjadi akan sangatlah mudah. Hanya tinggal melakukan scan QR Code menggunakan aplikasi uang elektronik, dompet elektronik atau mobile banking yang telah mendukung QRIS. 

Atau apabila memakai handphone untuk melakukan transaksi, nasabah dapat melakukan screencapture dan upload barcode QRIS diaplikasi yang mendukung pembayaran QRIS. Lalu masukkan PIN untuk melanjutkan transaksi dan pembayaran pun berhasil. 

Semua peserta sungguh mendapat pemahaman baru dan terbukanya cakrawala berpikir kami. Ternyata go digital adalah keniscayaan, ke depan semua transaksi akan berbasis online. 

Demikian juga dalam diklat ini, harapannya semua koperasi yang ada di kota ini dan juga semua anggota koperasi bisa menggunakan QRIS. Dan koperasi kami baru merintis pemakaian QRIS untuk pembayaran digital. 

Kehadiran Bank Digital bagi Kaum Milenial

Seiring perkembangan zaman dan juga teknologi, berbagai hal menjadi go digital, termasuk juga bank. Saat ini bank digital dianggap salah satu cara untuk memulihkan ekonomi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan