Mohon tunggu...
dharma simatupang
dharma simatupang Mohon Tunggu... Guru - Guru Fisika SMK N 2 Pematangsiantar

^^Anugrah Ilahi membuat ku membumi^^

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Masa Muda untuk Masa Tua

7 Agustus 2021   14:23 Diperbarui: 8 Agustus 2021   16:24 142 29 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Masa Muda untuk Masa Tua
Ilustrasi masa pensiun Sumber gambar: kumparan

Pensiun Menandakan Sebuah Era telah Berakhir

Berita olahraga kamis ( 5/8/2021 ) : Pembalap asal Italia, Valentino Rossi ( 42 ) memutuskan pensiun dari dunia Moto GP pada akhir tahun 2021. Hal ini ia disampaikan dalam konferensi pers bersama Dorna Sport jelang berlangsungnya balapan Moto GP Styria 2021.

" Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini. Ini momen yang sangat menyedihkan, tak mudah untuk mengetahui saya tidak akan membalap di Moto GP tahun depan," ujar Rossi dalam konferensi pers tersebut. 

Dari perkataan Rossi  ada dua hal yang dapat menjadi pesan buat kita ;

Pertama, Rossi mengatakan, ia tidak bisa melupakan momen-momen indah selama karirnya di Moto GP. Perasaan yang dibalut kesedihan. Namun dia menyadari masa pensiun adalah masa yang secara alamiah harus dia hadapi sebagai seorang pembalap saat sudah mencapai batas usia pensiun. Kesadaran inilah yang membuatnya lepas dari sindrom pasca-pensiun. Rossi adalah pembalap yang mempersiapkan diri untuk pensiun.

Bagi sebagian orang , pensiun dianggap sebagai masa yang tidak menyenangkan karena menurunnya aktivitas , penghasilan dan juga  wewenang yang dimilikinya.   Hal ini disebut post-power syndrome. Namun , banyak orang yang belum siap dan bahkan tidak mempersiapkan sejak dini untuk menghadapi masa pensiun. Padahal kesiapan pensiun adalah hal penting yang harus dimiliki pekerja demi keberlangsungan hidup dimasa tuan pasca pensiun.

Kedua,  Rossi juga mau mengatakan bahwa setelah tak lagi jadi pembalap ,ia bakal menjalani kehidupan yang baru dan dapat bersenang-senang . Pilihannya itu bakal menjadi perjalanan panjang dan semestinya menyenangkan . Rossi sudah menyiapkan bekal di masa pensiun dari segi kesiapan mentalnya yang sudah oke dan dari segi finansial nya juga yang sudah mumpun. Tentunya dengan kesiapan itu dia pasti dapat menikmati hari tua yang sejahtera ,sehat ,sukses dan bahagia.

Hampir setengah dari para pensiunan masih mengandalkan bantuan orang lain untuk bisa bertahan memenuhi kebutuhan dasarnya, dikarenakan tidak ada persiapan /perencanaan pensiun yang jelas. Hanya sedikit sekali pensiunan yang mampu menikmati masa pensiun dengan bahagia

      Cara Cermat Mempersiapkan Masa Pensiun

Tentunya kita semua menginginkan masa-masa pensiun kita dilalui denagn senang, sehat dan bahagia. Bagaimana  cara untuk mencapai masa pensiun dapat kita lalui dengan bahagia ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan