Mohon tunggu...
dharma simatupang
dharma simatupang Mohon Tunggu... Guru - Guru Fisika SMK N 2 Pematangsiantar

^^Anugrah Ilahi membuat ku membumi^^

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pemimipin Berkualitas untuk Sekolah Berkualitas

11 Juli 2021   10:58 Diperbarui: 11 Juli 2021   11:14 95 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemimipin Berkualitas untuk Sekolah Berkualitas
Sumber gambar: (png.download.id)

    

Membahas tentang pimpinan panutan, bagi saya tentunya tidak lepas  dari tempat pengabdian yaitu sekolah yang telah menjadi rumah kedua bagi ku, yang mengarah kepada profil kepala sekolah ku. 

Kepala sekolah ke - 4 yang memimipin sekolah ku selama saya mengabdi disini. Seorang bapak guru berusia 49 tahun yang kebetulan memiliki basic keilmuan yang sama dengan ku yaitu bidang fisika. Mengapa beliau menjadi pimpinan panutan bagi saya sejauh ini? Tentunya itu semuanya karena profil dan atribut yang melekat pada beliau mengesankan hati.  

Kualitas Pemimpin

Seorang pemimipin adalah :

1. Seorang visioner berintelektual

Saat pertama sekali mengikuti rapat dewan guru yang beliau pimpin, terlihat beliau seorang pemimpin yang berintelektual ( bukan karena bergelar M.Si ya), tetapi dari cara berbicara dan memimpin rapat, mempertimbangkan juga memutuskan dengan pertimbangn taktis, efisien dan efektif tetapi tidak melupakan  norma kesantunan dihadapan kami dewan guru. Pokoknya memiliki kecakapan dalam komunikasi lah. 

Problem centered, berpusat pada masalah. Dialah kepala sekolah yang mengarahkan seklah ini hendak bermuara kemana. Berangkat dari keprihatinannya terkait masalah masalah disekolah. Beliau memberikan visinya. Beliau mencanagkan program untuk menjawab masalah step by step.  Semua masalah disekolah diselesaikan dengan skala prioritas yang jelas dan dengan langkah serta jangka waktu terukur. Contohnya, masalah kantin yang dimaksimalkan fungsi pelayanannya sesuai persyaratan Menkes. 

Masalah Dapodik siswa, tidak ada lagi siswa yang tidak terjaring di dapodik karena alasan status tidak jelas. Ada yang menarik terkait masalah karakter siswa yang tidak luput perhatian perlu penanganan berkesinambungan pesan beliau. Untuk penguatan karakter, beliau membuat program baru disekolah kami (mungkin sekolah lain sudah lama ), yaitu program bulanan dengan nama " bulan karakter ". Misalnya bulan juli adalah bulan kejujuran. Untuk itu semua warga sejkolah harus mengingat dan menerapkan nilai - nilai kejujuran selama bulan juli itu.   

2. Seorang pengajar dan pengelola

Poin kedua ini dapat saya lihat dari beliau yang memimipin dengan cara:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x