Mohon tunggu...
Dhanis al zulkifli Kipli
Dhanis al zulkifli Kipli Mohon Tunggu... Laki laki

Dhanis al zulkifli Mahasiswa universitas Muhammadiyah jurusan ilmu pemerintahan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Opini tentang Virus Corona yang Berakibat Keresahan Masyarakat di Indonesia

29 Maret 2020   22:45 Diperbarui: 29 Maret 2020   23:22 3069 0 0 Mohon Tunggu...


Pada saat ini sedang buming-bumingnya kasus kesehatan yang sedang menyorot dunia, akibat dari sebuah wabah penyakit ataupun virus yang hangat sekali dibicarakan maupun diberitakan di semua penjuru media masa diseluruh belahan dunia. 

Tidak lain yang dikenal oleh masyarakat awam yaitu virus Corona ataupun Covid-19 yang berasal dari negara adidaya Cina. World Health Organization (WHO) menjelaskan bahwa Coronaviruses (Cov) adalah virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Infeksi virus ini disebut COVID-19. 

Virus Corona menyebabkan penyakit flu biasa sampai penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Virus Corona adalah zoonotic yang artinya ditularkan antara hewan dan manusia. 

Berdasarkan Kementerian Kesehatan Indonesia, perkembangan kasus COVID-19 di Wuhan berawal pada tanggal 30 Desember 2019 dimana Wuhan Municipal Health Committee mengeluarkan pernyataan “urgent notice on the treatment of pneumonia of unknown cause”. 

Penyebaran virus Corona ini sangat cepat bahkan sampai ke lintas negara. Sampai saat ini terdapat 93 negara yang mengkorfirmasi terkena virus Corona. 

Penyebaran virus Corona yang telah meluas ke berbagai belahan dunia membawa dampak pada perekonomian dunia baik dari sisi perdagangan, investasi dan pariwisata. 

Ini sangat meresahkan dan sampai-sampai masyarakat dunia sangat gelisah akan peristiwa dikarenakan mereka merasa virus ini akan berdampak juga terhadap sistem suatu negara yang terkena imbasnya baik dari segi kesehatan, perekonomian dan kelangsungan hidup para individu itu sendiri. 

Pada saat ini pun berita tentang kasus wabah virus Corona masih hangat diperbincangkan dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat sendiri bagaimana cara menghindari ataupun mencegah wabah virus itu untuk masuk dalam lingkungan sekitar mereka.

Negara Indonesia pun ikut andil dalam mencegah masuknya virus ini ke negaranya dikarenakan hingga saat ini penularan virus Corona terus terjadi. Terbukti dengan bertambahnya 109 kasus positif Corona. 

Sehingga menjadi 1.155 kasus positif. Pasien sudah sembuh bertambah 13 orang. Total pasien sembuh menjadi 59 orang. Kasus kematian bertambah 15 orang. Sehingga menjadi 102 orang yang meninggal akibat kasus ini. Tetapi data ini dianggap sangat tidak mewakili kenyataan di lapangan karena rendahnya jumlah tes yang dilakukan dan tingginya rasio kematian. 

Indonesia telah melaporkan 55 kasus kematian akibat COVID-19, angka tertinggi di Asia Tenggara. memperingatkan situasi penularan virus corona (COVID-19) di Indonesia bisa membuat pemerintah kewalahan. Bahkan, dalam skenario terburuk, Indonesia bisa berpotensi menjadi pusat penyebaran baru pandemi corona di Asia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x