Mohon tunggu...
Danny Arifin ( deyz )
Danny Arifin ( deyz ) Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Single Guy in Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Mendukung MTV tayang lagi di Indonesia

8 Juni 2014   16:58 Diperbarui: 7 Juli 2019   03:30 844 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mendukung MTV tayang lagi di Indonesia dengan pangsa pemirsa 15 tahun ke atas yang mana jumlah penduduk Indonesia yang berumur 15 tahun keatas sebanyak 104.928.049 jiwa dan jumlah seluruh penduduk Indonesia sebanyak 237,641,326 jiwa. Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2010 adalah sebanyak 237.641.326 jiwa ke 4 terbesar di DUNIA setelah China di urutan pertama ( Ada MTVnya : MTV China ), India di urutan ke 2 ( ada MTVnya : MTV India ) dan urutan ke 3 Amerika Serikat ( MTV ) bahkan di urutan ke 5, negara Brazil ada MTVnya ( MTV Brasil ). Jumlah Penduduk Indonesia yang mencakup mereka yang bertempat tinggal di daerah perkotaan sebanyak 118.320.256 jiwa (49,79 persen) dan di daerah perdesaan sebanyak 119.321.070 jiwa (50,21 persen), sumber dari BPS Indonesia. Cukup besar dijadikan pangsa pasar penikmat musik di Indonesia serta pangsa pasar penjualan CD lagu Indonesia dan Mancanegara yang mana konon musik/lagu Indonesia sudah menjadi tuan rumah sendiri. Setelah ditelaah dari Negara dengan jumlah penduduk terbesar dunia ternyata di urutan ke 1, 2, 3 dan ke 5 ada MTV nya. Bagaimana Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 DUNIA, adakah MTV nya ? 

Jika tayang, MTV di Indonesia dapat dikatakan franchise dari MTV bernama MTV Indonesia yang mana MTV berpusat di Amerika Serikat, yang sudah sejak dulu franchise dari Amerika Serikat bertebaran di Indonesia seperti Coca Cola, Kentucky Fried Chicken, Mc. Donald's, Dunkin Donuts, 7eleven, Circle K, Starbucks, Levi’s, Hard Rock Cafe, Pizza Hut, Nike, Gold’s Gym dan Citibank. Selain itu acara TV yang difranchise dari Amerika Serikat oleh TV Swasta lainnya antara lain Indonesian Idol ditayangkan RCTI, The Voices Indonesia ditayangkan Indosiar dan X Factor Indonesia ditayangkan RCTI. Sedangkan franchise dari negara lain yaitu Carrefour dari negara Perancis dan Lotte Mart dari negara Korea Selatan, juga ada MTVnya. Honda, Toyota dan Mitsubihi dari negara Jepang juga ada MTVnya ( MTV Japan ).

 

MTV di Indonesia DULU dan SEKARANG.

 

MTV Indonesia adalah sebuah cabang Indonesia stasiun televisi musik MTV. Pertama kali ditayangkan sebagai bagian dari acara-acara di ANTV pada tanggal 6 Mei 1995, MTV Indonesia kemudian pindah siaran ke Global TV pada 1 Juni 2002 dan mengudara selama 24 jam. Setelah Global TV memulai siaran penuh dengan acara-acara sendiri pada tahun akhir 2004, MTV Indonesia ditayangkan selama 12 jam di stasiun televisi tersebut. Dan setelah Global TV makin menambah acara-acara baru, mulai akhir 2006, jam tayang MTV Indonesia makin berkurang.

 

Namun, pada tahun 2007, Global TV berencana untuk membenahi MTV Indonesia dengan memproduksi program-program MTV Indonesia lewat in-house production Global TV. Sejak saat itu, beberapa program MTV Indonesia yang dulunya merupakan program taping kini berubah format menjadi siaran langsung dari studio Global TV. Program-program yang kini hadir dalam format live antara lain MTV Salam Dangdut dan MTV Global Room. Sementara itu, acara-acara besar seperti grand final MTV VJ Hunt yang dulunya selalu disiarkan dua minggu setelah acara digelar, kini dapat disiarkan secara langsung oleh Global TV.

 

Mulai 1 January 2012, Global TV tidak menanyangkan MTV Indonesia lagi sebagai bagian acaranya, masyarakat Indonesia sekarang dapat menyaksikan MTV Asia yang disiarkan melalui TV berlangganan ( TransVision dan lain-lain).

 

Ada sedikit Video Musik Indonesia yang tayang di MTV Asia yaitu di acara MTV MUSIKA ( dicampur dengan video musik Malaysia - in Bahasa dan kadang ada yang berbahasa Inggris ) yang tayang pada hari Senin s.d. Jum'at jam 13.30 WIB s.d. 14.00 WIB.

 

Mulai 1 November 2014, Masyarakat Indonesia yang berada di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar dapat menyaksikan tayangan MTV Indonesia  ( www.mtv.id ), channel CTV Jakarta, BCTV Bandung, dan SBOTV Surabaya, Jam 4-6 sore dan jam 10-12 malam. 

Di Tahun 2019, masyarakat dapat menyaksikan channel MTV melalui TV berlangganan seperti First Media ( MTV Asia dan MTV Live HD ) dan TransVision ( MTV Live HD )


Semoga Anak Muda / Pemuda INDONESIA peduli dengan musik/lagu sendiri dan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri ! Tapi jangan lupa dengan bahasa Inggris juga selain pastinya Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia dalam lirik Musik/Lagu Indonesia di Video Musik Indonesia diantara Video Musik Barat yang tayang di MTV Indonesia dengan komposisi video klip barat dan Indonesia 49:51 persen.

MTV agar tayang di Indonesia dengan nama MTV Indonesia seperti CNN Indonesia dan CNBC Indonesia yang mana masyarakat dapat menonton pada jam-jam yang telah ditentukan melalui TV lokal yaitu TransTV dan/atau Trans7.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan