Mohon tunggu...
Travel

"The Biggest Orangutan in the World", Tanjung Puting

4 Januari 2019   00:35 Diperbarui: 4 Januari 2019   00:47 143 1 0 Mohon Tunggu...

Sudah kita ketahui sebelumnya Taman Nasional Tanjung Puting merupakan konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 sampai 40.000 berada di pulau Kalimantan yang berlokasi di Kumai, Kabupaten Pangkalan Bun, Provinsi Kalimantan Tengah.

 Disini selain Orangutan yang dilindungi terdapat juga Bekantan (Nasalis Larvatus), Beruang (Helarctos Malayanus Euryspilus), Lutung Merah (Presbytis Rubicunda Rubida), Kucing Hutang (Prionailurus Bengalensis Borneoensis), Macan Dahan (Neofelis Nebulosa), dan Kancil (Tragulus Javanicus Klossi).


Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalteng.
Di Taman Nasional Tanjung Puting ini kita dapat melihat habitat alami orangutan secara langsung dan melihat kehidupan mereka di alam liar. Kita juga bisa bermain-main dengan orangutan dan tentunya kita akan ditemani oleh guide yang bertugas. Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa dengan luas total 305.000 ha. 

Taman Nasional Tanjung Puting sebagai Cagar Biosfir ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1977 dan merupakan Sister Park dengan negara Malaysia.

Buat kalian yang sama sekali belum pernah liat orangutan secara langsung yuk datang aja ke Pangkalan bun dijamin kalian akan merasa puas, dan dengan mudahnya pemesanan tiket secara online dan tentunya murah, tersedia berbagai penerbangan dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Palangkaraya dan kota besar lainnya ke Pangkalan Bun harga tiketnya berkisar antara Rp 800.000,- sampai Rp 1.500.000,-.

Untuk harga tiket masuk Taman Nasional Tanjung Puting untuk wisatawan mancanegara dikenakan Rp 20.000,-/ orang per hari, sedangkan wisatawan nusantara Rp 2.500,-/orang per hari, sangat murahkan dan biasanya ini sudah termasuk dalam paket all bagi yang menyewa kapal.

VIDEO PILIHAN