Mohon tunggu...
Nahariyha Dewiwiddie
Nahariyha Dewiwiddie Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penulis dan Pembelajar

🌺 See also: https://medium.com/@dewiwiddie. ✉ ➡ dewinaharia22@gmail.com 🌺

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Inilah Caraku Menghemat Minyak Goreng!

10 Juli 2021   21:59 Diperbarui: 14 Juli 2021   02:30 563 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Caraku Menghemat Minyak Goreng!
ilustrasi menggoreng makanan. (Sumber gambar: Shutterstock via kompas.com)

Minyak goreng memang kebutuhan yang tak terpisahkan. Tapi kalau cara pengunaannya salah, ujung-ujungnya persediannya gak bakal awet.

Ya lah, masak gak sampai seminggu, harus beli minyak seliter lagi? Kalau bagi yang harus bagi-bagi uangnya buat berhemat, tentu bakal rugi besar. Belum lagi kalau harus tetap di rumah kayak sekarang, malu dong keluar rumah terus cuma beli minyak baru?

Hmmm, setelah terlibat lama di dapur (tapi belum seberapa, soalnya lebih suka baking atau memanggang lauk, sih), akhirnya aku tahu cara menghemat minyak goreng, yang tentunya aman, sehat, dan gak bikin menyita isi kantong.

Pasalnya, kalau udah dipakai tiga kali sedangkan minyaknya masih banyak dan kelihatannya bersih, apa gak sayang, tuh?

Eits, ini pengalamanku, ya, sekali lagi. Jadi, sama sekali gak nyontek dari sumber di luar sana.

Pakai Minyak Untuk Goreng Secukupnya

Mindset-nya orang Indonesia kalau pakai minyak buat goreng sih, harus banyak. Itu tergantung, soalnya ada beberapa hidangan yang harus pakai minyak banyak untuk menggoreng.

Tapi, kalau selain hidangan yang dituntut pakai minyak banyak, alangkah lebih baik kalau goreng sesuatu minyaknya gak terlalu banyak, jadi minyaknya gak cepat habis gara-gara itu.

Oh ya, aku lebih suka dengan cara goreng ala Korea, pas nonton Youtube tentang bikin donat ubi, minyak yang dipakai untuk menggoreng memang secukupya. Jadi, minyak yang tersisa bisa lebih hemat.

Udah Pakai Minyak Sekali Atau 2 Kali? Taruh di Wadah Terpisah

Karena alasan kesehatan, penggunaan minyak goreng dibatasi hanya sampai tiga kali. Karena itulah, kalau udah dipakai sekali atau dua kali buat goreng dan masih bersih serta baunya tak berubah (misalnya, goreng donat), ya taruh di wadah terpisah, yang bersih tentunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN