Mohon tunggu...
Nahariyha Dewiwiddie
Nahariyha Dewiwiddie Mohon Tunggu... Penulis dan Pembelajar

🌺 See also: https://medium.com/@dewiwiddie. ✉ ➡ dewinaharia22@gmail.com 🌺

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Selamatkan Bumi dengan Berbagi

31 Juli 2020   12:30 Diperbarui: 1 Agustus 2020   14:52 159 22 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamatkan Bumi dengan Berbagi
Sumber gambar: abcnews.com

Ah, gak salah judul nih?

Iya, beneran! Aku jelaskan latar belakangnya, ya.

Rasa-rasanya diriku ingin marah besar kala melihat tweet yang pernah kubaca. Dengan menyematkan embel-embel "Pertolongan akan Keajaiban Twitter", dia menceritakan bahwa buku-buku yang diterbitkan sebelum tahun 2017 akan dimusnahkan oleh penerbit besar! 

Alasannya, ya sudah memenuhi gudang, dan ingin dikosongkan, gitu.

Jika itu terjadi, apa gak kasihan buku-bukunya yang telah diperjuangkan susah payah oleh penulisnya? Lalu, peradaban juga, bisa jadi merugi karena tulisan-tulisannya lenyap bersama api.

Dan, tak hanya itu saja! Pemusnahan buku-buku dengan cara dibakar, sama saja bikin lingkungan dan seisinya tambah repot. Sudah ada pencemaran, ditambah lagi polutan yang lainnya. Apa Bumi gak keteteran, coba?

Hmmm, sebetulnya, toh sampah-sampah sudah bikin masalah jika tidak dikelola. Sampah elektronik, misalnya, mengandung bahan kimia B3 yang bisa meracuni perairan dan menyebabkan air dianggap tak berguna lagi.

Terus, pakaian bekas, terutama yang berbahan polyester yang setara dengan plastik, untuk mengurainya bisa lama, dan bisa-bisa, zat-zat yang terkandung di dalamnya bisa mencemari tanah serta menyebabkan kanker bagi manusia!

Nah, cobalah kalian pikirkan! Sudah berapa banyak barang-barang yang akhirnya tersimpan dalam gudang gegara ingin menjadi lebih baik dan kekinian?

Di perkantoran sebagai contohnya. Demi efesiensi kinerja, komputer lama akhirnya diganti dengan teknologi mutakhir, sampai ke perangkat lunaknya juga!

Sekolah-sekolah dan kampus juga begitu. Atas nama kenyamanan, kursi yang terbuat dari kayu akhirnya diganti dengan kursi yang terbuat dari busa dan kerangkanya dari besi, bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN