Mohon tunggu...
Dewi Sulistyawati
Dewi Sulistyawati Mohon Tunggu... Penulis

لا يعرف الفضل لأهل الفضل إلا ذو الفضل @dewisulistyaa_21

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

10 Konsep Hubungan Internasional dalam Perspektif Islam

29 Oktober 2019   09:02 Diperbarui: 30 Oktober 2019   14:28 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Konsep Hubungan Internasional dalam Perspektif Islam
download-13-5db93a65d541df575f00db82.jpg

1. Konsep TuhanTuhan dalam bahasa Arab diungkapkan dengan rab/lafal ilah yang menyimpan arti tujuan akhir dari penciptaan seorang hamba dan akhir dari kehidupannya serta rahasia yang dapat menjadikannya baik dan sempurna yaitu ibadah.

2. Konsep Agama
Kehadiran agama sebagai jawaban atas tiga pertanyaan pokok yang paling mendasar dalam diri manusia, yaitu dari mana asal-usul manusia dan alam semesta ini, lalu kemana manusia dan alam semesta ini kembali, kemudia bagaimana seharusnya manusia mengalami kehidupan menuju tujuan akhir mereka.

3. Konsep Wahyu
Wahyu merupakan pengetahuan yang di dapat seseorang dari dalam dirinya dengan disertai keyakinan pengetahuan itu berasal dari Allah baik melalui perantara atau tidak. Dalam Islam wahyu memiliki otoritas keagamaan secara khusus hanya diberikan kepada seorang nabi. Menurut para Ulama proses pewahyuan dibedakan menjadi 2, pertama berupa pernyataan-pernyataan Allah kepada malaikat lalu disampaikan kepada Nabi dengan kata yang sudah ditentukan disebut Al-Qur'an. Kedua, sama seperti proses pertama namun berasal dari Nabi yang disebut Wahyu.

4. Konsep Nabi
Al-Mawardi menyatakan bahwa kenabian merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada manusia, karena manusia adalah makhluk lemah yang tidak bisa menguasai segala hal.

5. Konsep Alam
Alam semesta ada dengan tidak sendirinya ia ada karena diciptakan oleh Allah. Alam semesta diciptakan sebagai tanda wujud Allah dan keagungan-NYA serta sebagai sarana beribadah kepada Allah demi mempersiapkan kehidupan kekal diakhirat.

6. Konsep Taskhir
Taskhir adalah sebuah bentuk kekuasaan Allah untuk memberi manfaat bagi manusia selaku hambanya. Makna taskhir adalah membebani sesuatu tanpa imbalan atau pembebanan seseorang dengan sesuatu pekerjaan tanpa upah. Secara bahasa berarti membebani sesuatu dengan tujuan tertentu secara terpaksa hingga mengikuti semua perintahnya.

7. Konsep Akhir
Hari akhir adalah rahasia langit. Beberapa tanda hari akhir dibagi menjadi 2 bagian. Pertama diketahui melalui riwayat khabar mutawatir. Kedua melalui riwayat khabar ahad. Kiamat menurut Islam, ditandai dengan kemunculan dajal, turunnya Nabi Isa as. bin Maryam, kemunculan Ya'juj & Ma'juj dan terbitnya matahari dari Barat.

8. Konsep Manusia
Pandangan al-Ghazali tentang manusia, manusia terdiri dari jiwa/nafs, ruh & jism tau badan tetapi esensinya adalah jiwa. Jiwa adalah substansi yang berdiri sendiri dan mempunyai sifat-sifat dasar yang berbeda dengan badan.

9. Konsep Kebebasan Manusia
Beriman kepada Qadha & Qhadar sangat penting bagi seorang Muslim. Karena hal itu membentuk pandangan hidup (worldview) yang menentukan pola pikir, sikap & perilaku yang tercermin dalam kesehariannya. Menurut Hamka manusia memang diberi akal tetapi kebebasannya dan kemerdekaan akal itu terbatas. Kekuasaan tertinggi tetaplah di tangan Allah.

10. Konsep Kebahagiaan
Islam memiliki konsep tentang kepuasan hidup didunia yang lebih holistik dan berdimensi ilahiyah. Harta adalah rezeki dari Allah yang dicari untuk mendapatkan berkah Allah. Rumah tangga adalah ibadah menuju Allah. Musibah adalah najah (kesuksesan).
Kebahagiaan menurut perspektif Islam disebut dengan istilah sa'adah dan berhubungan dengan dua dimensi eksistensi sekaligus, yaitu akhirat dan dunia. Namun menurut Ibnu Thufail adalah kebahagiaan terbesar dan rahmat terluas yang abadi bagi seorang hamba adalah tatkala melihat Allah.

VIDEO PILIHAN