Mohon tunggu...
Dewi Riroma
Dewi Riroma Mohon Tunggu... Lainnya - Beginner

Share and Learn.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Buffy Buffalo: Part 1

16 Juli 2021   13:04 Diperbarui: 27 Juli 2021   10:21 101 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buffy Buffalo: Part 1
Animals photo created by jcomp - www.freepik.com

Kucing itu berbulu oranye, mungkin gen dari ayahnya. Biarpun kucing kampung, tubuhnya begitu buntal, matanya bulat besar, bulunya lebat, meski tak panjang-panjang macam anggora. Kalau berat badannya ditambah sedikit, bisa jadi mirip Garfield[1].

Namanya Buffalo, ia adalah seekor kucing jantan. Nama lengkapnya Buffalo Chairman, biasa dipanggil Buffy, tapi sebagian orang lebih suka memanggilnya Buffalo karena terdengar lebih jantan. Buffalo, kucing kampung biasa milik Aisyah, hasil perkembangbiakan seekor kucing betina berbulu abu-oranye-putih milik tetangga, entah dengan kucing yang mana. Kesehariannya mencuri ikan dari dapur ke dapur, kadang ia pulang dengan luka bekas cakar sana-sini akibat berebut ikan asin dengan kawannya, kadang kepalanya benjol akibat pentungan centong pemilik ikan asin, kadang juga pulang dengan langkah gontai bak pragawati memamerkan perut buncitnya. Kalau seperti itu, biasanya wajahnya tampak puas, jalannya lebih santai tak terburu-buru, tak lupa ekornya ia kibas-kibaskan, kadang malah terlihat seolah dia tersenyum seperti Cheshire[2]. Ajaib.

Biarpun memiliki majikan, Buffalo bebas pulang pergi sesuka hati. Tak perlu izin pada Aisyah mau kemana, dengan siapa, pulang jam berapa. Hidupnya bebas tanpa aturan. Ia bisa pergi kemana saja, bergaul dengan kucing kampung lainnya, berdebat, berebut betina, lalu berkelahi, tapi tempat pulangnya tetap satu, rumah Aisyah. Kalau lapar, ia akan mengeong tanpa henti, mengikuti Aisyah kemana pun ia pergi, berkeliling di sekitar kaki Aisyah, mengelus-eluskan kepalanya pada kaki sang majikan.

Ketika Aisyah makan, kucing pencuri itu melompat-lompat mengintip isi piring. Ia berdiri dengan satu kaki depan pada ujung piring, kaki depan yang lain berada di tangan Aisyah yang memegang piring, ia mengamati lauk apa yang dimakan majikannya hari ini, lalu ia duduk kembali, menunggu dengan tak sabar kapan tulang-belulangnya akan diberikan padanya. Ia menunggu... terus menunggu. Aisyah makan begitu santai, sambil menonton sinetron remaja favoritnya yang tayang setelah maghrib. 

Suatu hari Buffalo pulang berlumur oli. Bulunya yang oranye terang itu redup sudah tertimpa oli. Aisyah yang sedang duduk-duduk ngobrol bersama ibu-ibu di warung tetangga terperanjat melihat kucing kesayangannya yang berlari terburu-buru menuju rumah seperti seorang gadis yang baru putus cinta, berlari sambil menutup wajahnya dengan sebelah tangan. Seperti itulah Buffalo saat itu, ia sedih, juga malu. Ia marah, tapi tak bisa melawan manusia. Ia hanya bisa kembali pada tempat teraman di semesta, jauh dari kekejaman jalanan, Aisyah.

Buffalo masuk rumah. Langkahnya menciptakan serangkaian cap kaki hitam di lantai. Kini Buffalo adalah si kucing setengah jadi. Setengah ke depan masih oranye menyala persis kucing, setengahnya lagi legam seperti Buffalo sungguhan yang habis membajak sawah.

Aisyah mengangkat Buffalo, ia melihat ke dalam matanya, kucing itu tampak tak lagi punya harga diri, ia malu dengan dirinya. Harga dirinya rontok sudah, direnggut montir bengkel motor RT sebelah. Sekarang bagaimana ia bisa merayu betina? Ia malu bertemu Aisyah, bertemu kawannya pun ia malu, apalagi menghadapi tetangga yang menyorakinya akibat dendam kesumat sejak lama karena ulahnya mencuri kepala ikan peda di dapur mereka. Tidurnya mungkin tak nyenyak, tetapi dalam kondisi demikian ia sadar betul harus tetap bergaul dengan sekitar, harus tetap makan paling tidak dua kali sehari.

Aisyah membentaknya, “Buffy!!!!!” Aisyah kesal tapi tak bisa berkata-kata, hatinya tersayat melihat kucing kesayangannya yang kini tampak seperti kucing jadi-jadian. Sembari memandikan kucing itu, ia mengumpat, “semoga mereka dapat balasan yang setimpal!” air matanya mulai menggenang di pelupuk.  

***

[1] Nama karakter kucing dalam film Garfield
[2] Nama karakter kucing dalam film Alice in Wonderland

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x