Mohon tunggu...
Dewi Rohmawati
Dewi Rohmawati Mohon Tunggu... Penikmat sastra

Mari saling berbagi apa yang kita ketahui

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Besar Pasak daripada Tiang

23 Juni 2021   09:53 Diperbarui: 23 Juni 2021   11:33 95 4 0 Mohon Tunggu...

Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Kalimat itu tentu saja kerap kita dengar. Kalimat itu benar adanya asal kita benar pula memaknainya. 

Berikut sedikit tips mengatur keuangan, bisa diterapkan bagi yang sudah menikah maupun yang belum. Intinya sama, mengatur apapun itu sudah pasti ada tipsnya sendiri. 

Berikut hal-hal penting yang perlu kita lakukan mengenai penghasilan:

1. Melek finansial

Dua kata itu sering kita jumpai akhir-akhir ini, dalam arti harus berpikir realistis, mengetahui mana yang kebutuhan primer mana yang sekunder. Kalau dalam sebulan kita punya gaji satu juta, jangan sampai kita membeli barang seharga satu setengah juta. Melek finansial benar-benar penting terlebih jika kita termasuk orang yang suka mengikuti trend dan gaya terbaru. Kita harus bisa membedakan apa yang akan kita beli merupakan keinginan atau kebutuhan.

2. Turunan standar gengsi dan mulailah hidup sederhana

Coba kita lihat lagi termasuk tipe yang mana kita ini, apakah yang selalu pengin baran-barang baru yang sedang ngetrend atau sebaliknya. Kalau kita termasuk orang yang pinginan, coba dipikir lagi, apakah hal itu banyak memberi manfaat dalam jangka panjang atau tidak. Apakah kalau kita selalu membeli barang baru membuat hidup kita tenang? Belum tentu..

3. Buka rekening khusus tabungan

Agar keuangan terjaga dan benar-benar bisa terkumpul maka bukalah rekening yang khusus untuk tabungan. Ini penting, tabungan itu bisa bertujuan ke banyak hal. Bisa untuk tabungan pribadi, bisa untuk rencana membeli rumah, bisa untuk pendidikan anak. Namun terlepas dari rencana-rencana itu, yang namanya tabungan itu penting, karena kita tidak pernah tahu kebutuhan apa saja dimasa mendatang.

4. Membuat list pengeluaran

Saat kita sudah mengetahui pendapatan kita, maka sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan. Membuat list barang pokok yang wajib dibeli setiap bulan. Dianggarkan dan jangan sampai terjadi pembengkakan pengeluaran. Ini sangat penting agar semuanya tertata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN