Mohon tunggu...
Inovasi Pilihan

Berawal dari Hallo Selamat Siang..

5 September 2017   09:51 Diperbarui: 11 September 2017   16:24 631
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

"Hallo selamat siang... benar ini ibu pemilik rekening CIMB Niaga, dan menggunakan fasilitas Go Mobile?" begitu terdengar suara laki-laki dari seberang sana.

 "Perkenalkan nama saya Iwan dari CIMB Niaga" itu telphone yanh masuk ke HP saya suatu siang, kira - kira pukul 15.08 pada tanggal 26 Juli 2017.

Kemudian selanjutnya orang yang mengaku bernama bapak Iwan tersebut menjelaskan kepada saya, bahwa sekarang untuk pengguna fasilitas Go Mobile akan dikenakan biaya Rp. 150.000 perbulan, dan bapak Iwan menawarkan apakah saya akan tetap melanjutkan mengunakan fasilitas tsb, atau mau dihentikan.

Dan karena saat ditelp itu saya sedang sibuk dan masih berada di kantor, langsung saja saya jawab," Iya, pak Iwan saya tutup saja fasilitas Go Mobile, karena saya juga sudah jarang menggunakannya." dan dijawab oleh pak Iwan lagi, "Benar ibu, saran saya sebaiknya ditutup saja, kalau memag sudah tidak dipergunakan, apalagi sekarang terkena biaya. 

"Suara pak Iwan terdengar lancar dan meyakinkan, dan ditambah lagi saat itu pikiran saya juga sedang sibuk dengan pekerjaan, saya seperti 'terhipnotis' begitu saja, ketika pak Iwan menanyakan tentang User ID dan Passcode yang muncul di layar HP saya ketika User ID dimasukkan.

Sebenarnya saya sempat curiga juga, ketika saya menanyakan pada pak Iwan, tentang User ID seharusnya tidak boleh diberikan kepada siapapun meskipun poleh petugas Bank sekalipun, saya sempat berhenti sebentar ketika mau memberitahukan kode tersebut, tapi entah kenapa saat itu saya seperti manut saja dengan apa yang di katakan pak Iwan itu, karena dia mengatakan lagi, kalau tidak ditutup sayang kan ibu, tiap bulan terkena biaya Rp.150.000 dan tidak berguna.

Setelah beberapa menit kemudian ada telphone masuk lagi ke HP saya, dan ternyata pak Iwan lagi yang menelphone saya, dia mengatakan lagi, "Ibu, maaf apakah ibu mempunyai kartu kredit, nah ini begini, kalau memiliki kartu kredit akan tambah kena biaya lagi 1 juta per tahun, nah sekali lagi, saya mohon minta passcode untuk sekalian menutup yang fasilitas kartu kredit. Dan sekali lagi waktu itu saya manut,seperti istilah dalam bahasa jawa "Koyo Kebo dicucuk irunge, manut wae."

Setelah kejadian itu, saya masih belum punya pikiran apa-apa, sudah pikir saja saya sudah aman, Go Mobile sudah non aktif dan saya tidak akan terkena biaya apapun lagi. 

Mengapa saya menggunakan fasilitas Go Mobile karena waktu itu awal - awal ada Go Mobile ada penawaran menarik, apabila transaksi menggunakan Go Mobile, jadi tidak perlu tarik tunai, tinggal membayar menggunakan fasilitas itu, lebih mudah dan bahkan mendapat banyak promo menarik, dan salah satunya yang membuat saya tertarik, untuk pembelian tiket nonton di Cinema XXI, setiap transaksi pembelian satu tiket akan mendapat dua tiket bila transaksi menggunakan Go Mobile, dan akhirnya saya memakai fasilitas itu, karena kami mempunyai hobi yang sama, menonton. 

Beberapa waktu kemudian, suatu siang pukul 14.05 di tanggal 31 Juli 2017, saya mendapat telphone lagi. "Selamat Siang.. dan mengaku bernama pak Iwan lagi, mengatakan bahwa beliau meminta maaf karena penutupan Go Mobile mengalami kegagalan karena keteledoran anak buahnya, dan kejadian yang sama terulang, saya di minta User ID, Passcode, kemudian saya diminta menunggu beberapa menit, dan tidak ada pembicaraan lagi, tapi telp tidak diputus, dan baru saat itulah saya baru tersadar, saya ditipu, apalagi setelah beberapa saat telp saya mendapat beberapa SMS laporan transaksi GO Mobile sukses. 

Setelah itu buru- buru saya ke Bank CIMB Niaga terdekat untuk menanyakan dan melaporkan kejadian tersebut, dan oleh petugas Bank CIMB Niaga tersebut saya diberitahu bahwa ada beberapa transaksi pada rekening saya tersebut, ada transaksi masuk beberapa puluh juta dan ada transaksi keluar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun