Mohon tunggu...
Dewi Nuryanti
Dewi Nuryanti Mohon Tunggu... Freelancer - Emak blogger

Emak blogger yang hobi traveling, makan dan belanja

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Enam Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

17 Oktober 2021   00:35 Diperbarui: 17 Oktober 2021   00:41 127 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar diambil dari Pixabay

Sudah 1,5 tahun lebih, pandemi Covid-19 melanda negeri ini. Dampak yang disebabkan oleh wabah ini sangat berat. Pandemi telah mengubah tatanan kehidupan. 

Berbagai pembatasan kegiatan masyarakat diberlakukan pemerintah sebagai upaya untuk mengatasi pandemi. Namun pandemi belum juga selesai dan masih terus memberikan dampak negatif bagi banyak orang. 

Saya termasuk yang kena dampak langsung dari pandemi global ini. Sudah 10 bulan, suami sebagai kepala keluarga harus kehilangan pekerjaannya karena terkena PHK. 

Perusahaan tempatnya bekerja terpaksa mengurangi jumlah karyawan secara besar-besaran. Kondisi ini membuat kehidupan keluarga saya mengalami perubahan. Kehilangan mata pencaharian utama bukanlah perkara kecil terlebih di masa pandemi ini.

Seringkali perasaan cemas dan ketakutan akan masa depan orang-orang terkasih menghinggapi pikiran saya. Berbagai pikiran buruk dan ketakutan datang silih berganti. Hal ini membuat psikis saya lelah dan ingin menyerah. 

Depresi mulai menghantui. Rasa stress dan cemas berlebih yang saya rasakan memicu berbagai penyakit mendatangi tubuh saya. Asam lambung meningkat dan sering sakit kepala. Kehidupan saya pun mulai terganggu karena gangguan kesehatan mental yang saya alami.

Beruntung saya memiliki pasangan hidup yang terus menguatkan dan pantang menyerah. Terus berupaya untuk bertahan ditengah terjangan badai pandemi. 

Dan berhasil menyadarkan saya bahwa saya harus berhasil mengatasi depresi yang melanda diri saya dan lebih memerhatikan kesehatan mental saya. 

Saya harus tetap "waras" dan sehat secara utuh agar dapat menang melawan wabah ini. Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk keluar dari kecemasan berlebih dan menjaga kesehatan mental saya.

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan